Dorong Pendidikan Daerah Terpencil

Dorong Pendidikan Daerah Terpencil

CE ONLINE - Gubernur Bengkulu, Dr H Rohidin Mersyah menyatakan siap mendorong memajukan pendidikan khususnya di daerah - daerah terpencil yang masih minim fasilitas maupun tenaga pendidikan. Ini sebagaimana diungkapkannya saat melaksanakan audiensi dengan Komunitas 1.000 Guru, Rabu (6/10) kemarin.
"Kita sangat apresiasi dan mendukung upaya adik-adik yang tergabung dalam 1.000 Guru ini, yang telah peduli terhadap kualitas dunia pendidikan terutama di daerah - daerah terpencil," ungkapnya.

Dijelaskan Gubernur bahwa Tim 1.000 Guru ini juga mempunyai pemetaan ada beberapa sekolah dasar yang kekurangan tenaga pengajar, juga sarana dan prasarana belajar yang belum memadai maupun sulitnya akses bagi masyarakat untuk menuju lokasi sekolah.
"Saya mendapatkan informasi seperti itu kita segera kumpulkan Kepala Dinas Kabupaten/Kota, nanti kita petakan lalu kebutuhannya seperti apa termasuk ketersediaan tenaga guru..Ini kan dimungkinkan menggunakan misalnya guru tidak tetap. Adik - adik ini juga bersedia tetapi nanti regulasinya seperti apa, lalu anggarannya, saya kira ini harus dilakukan," ujarnya.

Terpisah Ketua Regional 1.000 Guru Bengkulu, Fandi Ahmad bahwa kunjungannya bertemu Gubernur Rohidin terkait untuk meminta dukungan karena program 1.000 Guru ini akan kembali dilakukan. Sebelumnya kegiatan ini sempat terhambat akibat Pandemi COVID-19.

Komunitas 1.000 Guru ini telah dimulai sejak tahun 2015 yang tersebar dari Mukomuko hingga Kabupaten Kaur, yang menyasar kepada daerah-daerah pedalaman seperti Selagan Raya, Muara Sahung, Lebong Tandai maupun Padang Capo.
"Support kita memang ke daerah - daerah pedalaman khususnya sekolah pendidikan dasar, kita biasanya berkegiatan di sana Jumat, Sabtu dan Minggu. Kita konsepnya fun teaching, fun learning, kita ada donasi juga, pengobatan gratis kepada masyarakat karena kita juga ada tim medisnya, pentas seni juga kita mengeksplorasi tempat wisata di daerah tersebut," singkatnya. (CE2)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Whatsapp +628 2178 6396 51

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI:

Sumber: