Perlu Solusi Konkret Bangkitkan UMKM

Perlu Solusi Konkret Bangkitkan UMKM

CE ONLINE - Anggota DPRD Provinsi dari daerah pemilihan (Dapil) Kota Bengkulu, Usin Abdisyah Putra Sembiring menyatakan bahwa saat ini banyak masyarakat mengeluhkan sulitnya Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) bangkit di tengah pandemi. Menurutnya, untuk membangkitkan kembali UMKM dibutuhkan solusi konkret agar UMKM bisa naik kelas di tengah pandemi. Seperti pelatihan-pelatihan dan bantuan UMKM berupa modal maupun peralatannya.
"Saya memiliki keyakinan bahwa pelaku usaha kecil di masyarakat ini mampu bertahan di tengah pandemi. Hanya saja, perlu support Pemerintah Daerah melalui dinas teknis bersama lembaga legislatif. Seperti memberikan pelatihan-pelatihan keuangan, skill, manajamen, digital marketing, dan bantuan modal usaha," ungkap Usin.

Dikatakan Usin, perlunya pemerintah daerah memberikan perhatian terhadap pelaku UMKM di tengah pandemi, karena pendapatan perekonomian masyarakat Bengkulu secara umumnya bisa bangkit.Terlebih diketahui pandemi Covid 19 sudah mulai landai, sehingga mau tidak mau diperlukan upaya recovery ekonomi dari pemerintah, meskipun berskala kecil.
"Kita akan rancang bersama dinas teknis, agar pelaku UMKM pada tahun 2022 nanti sudah ada pasar sendiri, sehingga bisa dijual dan di beli oleh masyarakat luar Provinsi Bengkulu, dan bersaing dengan produk luar yang sudah ada lebih dahulu," ujarnya.

Dengan dukungan penuh yang akan diberikan kepada para pelaku UMKM di Bengkulu, Usin berharap, setiap produk lokal yang dihasilkan, tidak menjadikan daerah lain yang mendapatkan nama.

Untuk itu juga peran dinas teknis agar memfasilitasikan pelaku UMKM Bengkulu dalam mengurus izin nama produk sendiri.
"Selama ini kita abai dengan hak kepemilikan produk sendiri. Kedepan jangan terjadi lagi. Maknya dinas teknis diminta peran aktifnya membantu pelaku UMKM Bengkulu," singkatnya. (CE2)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Whatsapp +628 2178 6396 51

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI:

Sumber: