Dorong SMK Jadi BLUD

Dorong SMK Jadi BLUD

CURUPEKSPRESS.COM - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu mendorong sejumlah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Provinsi Bengkulu diisyaratkan bakal segera menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).

Dikatakan Gubernur Bengkulu, Dr H Rohidin Mersyah ketika sebuah SMK sudah menjadi BLUD, diyakini dapat mengefesienkan jalannya proses pendidikan hingga meningkatnya kompetensi siswa SMK.
"Beberapa SMK yang kita nilai sudah layak menjadi BLUD, karena SMK itu secara tidak langsung selama ini sudah menghasilkan sumber pendapatan. Seperti salah satu SMK di Kabupaten Rejang Lebong, dimana siswanya melakukan reparasi mobil dan ini akhirnya bisa melahirkan pendapatan bagi SMK tersebut," sampainya.

Sebelumnya SMK tersebut sempat ragu ketika menjadi BLUD, namun berkat dorongan dan semangat, akhirnya bersedia menjadi BLUD.
"Dalam waktu dekat bakal di SK-kan. Sehingga nantinya SMK yang sudah menjadi BLUD itu bisa menjadi model percontohan bakal SMK-SMK lainnya di Provinsi Bengkulu," ujarnya.

Terpisah Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Bengkulu, Dempo Xler mengatakan sejak awal mendorong Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi agar sejumlah SMK dijadikan BLUD. Sehingga SMK itu bisa mengelola sendiri anggarannya.
"Kemudian SMK itu juga memiliki sumber pembiayaan lain di luar APBD," katanya.

Seperti SMK Perhotelan, ketika menjadi BLUD mereka bisa mengelola Mess Pemda yang sama-sama diketahui sampai dengan saat ini masih terbengkalai. Begitu juga dengan Hotel Atlit, ketimbang dikelola pihak lain lebih baik diserahkan kepada SMK yang sudah menjadi BLUD. Ketika ini terwujud, itu bisa menjadi sarana latihan dan sumber pendapatan bagi SMK.
"Karena kitapun meyakini ketika SMK yang mengelola, mereka sudah memiliki ahlinya dan juga siswa. Kita rasa itu lebih baik. Kalau persoalan teknis pengelolaannya aset-aset itu pasti mendatangkan keuntungan, setidak-tidaknya bagi SMK. Sehingga dengan begitu nantinya peningkatan Sumberdaya Manusian dan keuangan SMK bisa terwujud," pungkasnya. (CE2)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Whatsapp +628 2178 6396 51

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI:

Sumber: