Anggaran KBS Kesehatan Rp 32 Miliar

Anggaran KBS Kesehatan Rp 32 Miliar

CURUPEKSPRESS.COM, BENGKULU - Anggaran program Kartu Bengkulu Sejahtera (KBS), khususnya bagi pelayanan kesehatan untuk tahun depan yakni sekitar Rp 32 miliar. Ini sebagaimana diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Bengkulu, H. Herwan Antoni SKM M.Kes.

Dimana terkait anggaran ini Dinkes Provinsi Bengkulu didorong untuk proaktif menyosialisasikan program KBS, karena sampai dengan saat ini masih banyak masyarakat di desa-desa yang belum tahu.
"Rp 32 miliar itu diperuntukkan bagi 33 ribu sasaran dalam program KBS khususnya bagi pelayanan kesehatan. Alokasi anggaran yang disiapkan dalam APBD tahun depan itu, untuk kepesertaan JKN yang dibayar melalui APBD Provinsi sebanyak 33 ribu peserta," sampai Herwan.

Herwan mengatakan, dengan pembayaran premi yang menjadi tanggungjawab daerah untuk subsidi peserta JKN-KIS, yang dibayar pemerintah pusat sebesar Rp 2 ribu per peserta.
"KBS dari sisi pelayanan kesehatan ini sudah jalan tahun ini, dan tahun depan sifatnya melanjutkan. Kita terus berupaya melakukan peningkatan, agar bisa mengakomodir masyarakat yang belum terlayani," katanya.

Terpisah, anggota Komisi IV DPRD Provinsi, Drs. Gunadi Yunir, MM menyampaikan, salah satu permasalahan dalam realisasi KBS ini, kurangnya pengetahuan masyarakat terhadap program itu.
"Sehingga kita mendorong Dinkes, seiring dengan realisasi program itu, juga dilakukan sosialisasi di tengah-tengah masyarakat. Karena masih banyak masyarakat desa yang belum tahu," ujarnya.

Lebih jauh dikatakannya, kemudian dalam realisasinya harus secara proporsional, mengingat di Provinsi Bengkulu ini terdapat 10 kabupaten/kota.
"Tapi yang terpenting sosialisasi itu tadi, karena masyarakat kita ini saat sakit barulah kebingungan. Sementara mereka juga tidak tahu harus mengadu kemana," singkatnya. (CE2)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Whatsapp +628 2178 6396 51

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI:

Sumber: