Perpusda Dorong Pemustakawan Berperan Aktif

Perpusda Dorong Pemustakawan Berperan Aktif

CURUPEKSPRESS.COM, BENGKULU- Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Perpusda) Provinsi Bengkulu memastikan bakal turut mendorong agar pemustakawan dapat berperan aktif. Terutama dalam membangun literasi yang muaranya pada peningkatan kecerdasan masyarakat.
"Pemustakawan kita dapat ikut kita minta berperan aktif dalam mendorong terwujudnya peningkatan literasi di Provinsi Bengkulu ini. Dengan adanya pembangunan literasi masyarakat, diharapkan berdampak positif terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat itu sendiri," ungkap Kadis Perpusda Provinsi, Meri Sasdi.

Sebelumnya Staf Bidang Perpustakaan Biro Pusat Penerangan Kemendagri RI, Fajar Setiawan menyampaikan, sosialisasi ini ditargetkan supaya Dinas Perpustakaan di daerah dapat memberikan dukungan dan motivasi kepada pemustaka agar berperan membangun literasi masyarakat. Apalagi saat ini terdapat nomenklatur yang mengatur tentang sumber perpustakaan di daerah.
"Ini juga merupakan amanah UUD 1945 dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa. Jadi melalui peningkatan literasi nantinya, hak masyarakat dapat terpenuhi dan untuk mewujudkannya tentu saja Dinas Perpustakaan di daerah harus lebih proaktif dalam memenuhi kebutuhan masyarakat. Terutama berkaitan untuk kecerdasan," kata Fajar.

Menurutnya, sejauh ini minat baca masyarakat di Provinsi Bengkulu berada di peringkat 8 dari total 34 provinsi se-Indonesia.
"Ada tiga faktor dalam mengukur minat baca, yakni frekuensi membaca, jumlah buku yang dibaca, dan durasi saat membaca buku. Biasanya ketiga faktor itu diukur dalam waktu sepekan," ujarnya.

Lebih jauh dikatakannya, untuk indeks pembangunan literasi masyarakat, Provinsi Bengkulu masih berada diurutan ke 23. Makanya pihaknya mendorong agar Dinas Perpustakaan di daerah dapat terus mengangkat minat baca.
"Mengingat minat baca ini termasuk dalam indeks pembangunan literasi suatu daerah," pungkasnya. (CE2)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Whatsapp +628 2178 6396 51

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI:

Sumber: