Disperindagkop UKM Gandeng Satgas, Lapak Sementara Pedagang Pasar Atas Dibongkar

Disperindagkop UKM Gandeng Satgas, Lapak Sementara Pedagang Pasar Atas Dibongkar

CURUPEKSPRESS.COM, REJANG LEBONG - Pada Selasa malam (23/11) kemarin yang dimulai sekira pukul 19.30 WIB, Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi UKM Kabupaten Rejang Lebong melakukan pembongkaran lapak sementara yang berlokasi di Pasar Atas Curup.

Dalam hal ini Disperindagkop UKM menggandeng berbagai pihak diantaranya Satgas Covid-19 (TNI, Polri dan Satpol PP), Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Rejang Lebong, Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP) Kabupaten Rejang Lebong dan Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Rejang Lebong.
"Malam ini kita sedang melakukan pembongkaran lapak sementara yang sebelumnya digunakan para pedagang kaki lima (PKL) untuk berjualan. Disini kita Disperindagkop tidak sendirian, tetapi melibatkan banyak pihak lainnya," sampai Plt Kepala Pasar UPT Pasar Atas Curup, Adi Candra ketika dikonfirmasi jurnalis, Rabu (23/11) kemarin.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, hal ini dilakukan sebagai salah satu upaya guna memaksimalkan program Disperindagkop UKM Kabupaten Rejang Lebong yakni relokasi pedagang yang berada di pinggir jalan untuk masuk kembali ke dalam gedung kios yang baru.
"Ini memang sudah masuk dalam rencana awal kita, dimana setelah para pedagang dilakukan pembinaan serta sosialisasi perihal relokasi pedagang dan mereka sudah menerima nomor undian, maka lapak sementaranya kita bongkar. Perlu diketahui juga bahwa lapak sementara ini adalah milik pemerintah daerah," jelasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi UKM Kabupaten Rejang Lebong, Dra. Upik Zumratulaini, M.Si menambahkan pembongkaran lapak sementara itu merupakan langkah pertama repitalisasi Pasar Atas. Karena diketahui dari sudut pandang paripurna DPRD bahwa situasi dan kondisi Pasar Atas Curup yang menjadi ikon Pasar Tradisional di Kabupaten Rejang Lebong terlihat kumuh.
"Nah salah satu janji pemerintah daerah adalah melakukan pembenahan terhadap Pasar Atas Curup. Makanya malam ini kita lakukan pembongkaran, namun jauh-jauh hari sekitar dua pekan lalu kita sudah melakukan sosialisasi serta pembinaan kepada seluruh pedagang yang berjualan di area tersebut. Kemudian kami juga sudah rapat lintas OPD lainnya," tambahnya.

Dalam hal revitalisasi Pasar Atas Curup itu dirinya menyebutkan ada kurang lebih 100 lapak yang dibongkar.
"Artinya disini kita juga harus konsisten agar terus berlanjut," singkatnya. (CE9)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Whatsapp +628 2178 6396 51

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI:

Sumber: