Distankan Fasilitasi 22 Poktan Usulkan JUT

Distankan Fasilitasi 22 Poktan Usulkan JUT

CURUPEKSPRESS.COM, REJANG LEBONG - Dinas Pertanian, Perikanan dan Peternakan (Distankan) Kabupaten Rejang Lebong membantu fasilitasi 22 kelompok tani (Poktan) untuk dibuatkan jalan usaha tani (JUT). Usulan tersebut disampaikan dalam bentuk proposal dan diteruskan pihak Distankan kepada Kementerian Pertanian RI.
"Kita baru saja mendorong Poktan-Poktan yang ada untuk membuat proposal bantuan JUT, yang kemudian kita teruskan ke Kementerian. Ada sekitar 22 Poktan yang sudah kita ajukan," sampai Kepala Distankan Rejang Lebong, Ir. H Zulkarnain, MT.

H Zulkarnain menerangkan pengusulan tersebut dilakukan pasca Distankan Rejang Lebong menerima surat arahan dari Direktorat Jenderal Pertanian, untuk melakukan pengusulan bantuan melalui program JUT yang siap digelontorkan oleh Kementerian Pertanian.
"Jadi beberapa waktu lalu kita disurati oleh Dirjen Pertanian, yang isi suratnya menginstruksikan agar Poktan disini mengusulkan proposal program bantuan JUT ke mereka," terang H Zulkarnain.

Dikatakan H Zulkarnain jika program JUT sendiri bertujuan untuk mempermudah akses para petani dalam memperluas jalur distribusi hasil pertanian serta meningkatkan pendapatan petani.
"Ini sangat penting untuk menunjang para petani kita agar lebih semangat memproduksi hasil tani yang dikembangkan, karena akses jalannya yang sebelumnya tidak mendukung menjadi layak dan bagus," jelasnya.

Kembali ditambahkannya, melalui program JUT itu, selain meningkatkan sarana dan prasarana seperti jalan, juga bisa menghadirkan jembatan apabila dalam akses keluar masuk petani di suatu daerah melewati sebuah siring atau irigasi.
"Jadi memang program ini akan sangat membantu petani kita yang mungkin sekarang masih kesulitan ketika mengakses area lahan taninya," tuturnya.

Terkait hal tersebut lanjut H Zulkarnain, dirinya berharap dari total 22 Poktan yang diusulkan tersebut ada beberapa yang akhirnya terakomodir untuk menerima program bantuan JUT tersebut.
"Syukur-syukur semua Poktan dapat bagian, doakan saja yang terbaik," pungkasnya. (CE9)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Whatsapp +628 2178 6396 51

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI:

Sumber: