DD Berkurang Rp 9 Miliar

DD Berkurang Rp 9 Miliar

CURUPEKSPRESS.COM, REJANG LEBONG - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Rejang Lebong menyebut tahun 2022 ini, anggaran dana desa (DD) yang dikucurkan oleh Pemerintah Pusat untuk 122 Desa di Kabupaten Rejang Lebong mengalami pengurangan.

Dimana angka pengurangnya mencapai sebesar Rp 9 Miliar dari DD yang diterima sebelumnya sebesar Rp 113 Miliar. Artinya dengan adanya pengurangan sebesar Rp 9 Miliar, maka total DD tahun ini hanya sebesar Rp 104 Miliar.
"Pengurangan ini dapat kita maklumi, karena saat ini anggaran Pemerintah pusat masih banyak tersedot untuk penanganan covid-19," sampai Kadis PMD Kabupaten Rejang Lebong, Suradi Rifai.

Sementara dengan pengurangan tersebut, kata Suradi juga berdampak DD yang diterima oleh masing-masing Desa. Selain itu, DD diperuntukkan untukbkegiatan kegiatan prioritas saja seperti diatur dalam Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) No.7/2021, tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2022, kemudian Perpres No.104/2021, tentang Rincian APBN 2022.
"40 persen DD untuk BLT, 20 persen untuk program ketahanan pangan, 8 persen untuk penanganan covid-19. Sedangkan 32 persen sisanya untuk pembangunan fisik dan pemberdayaan masyarakat," sampainya.

Disisi lain meskipun DD yang diterima mengalami pengurangan Suradi berharap DD yang bersumber dari APBN ditambah dengan ADD dari APBD RL nantinya dapat digunakan dengan sebaik mungkin. Dengan harapan, anggaran tersebut dapat membuat desa maju dan berkembang.
"Sementara untuk tahapan pencairan DD, saat ini masih dalam proses penerbitan surat keputusan (SK) Bupati Rejang Lebong tentang penetapan dana desa tahun 2022," tandasnya. (CE5)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Whatsapp +628 2178 6396 51

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI:

Sumber: