Pengembangan Pariwisata dan UMKM Tetap Jadi Prioritas

Pengembangan Pariwisata dan UMKM Tetap Jadi Prioritas

CURUP EKSPRESS.COM, KEPAHIANG - Pengembangan bidang pariwisata dan pengembangan UMKM, tetap menjadi prioritas pembangunan Kabupaten Kepahiang pada tahun 2023 mendatang. Hal ini disampaikan Bupati Kepahiang Dr. Ir Hidayattullah Sjahid, MM, IPU kepada awak media sesaat setelah membuka dan menghadiri pelaksanaan musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) penyusunan rencana kerja pembangunan daerah (RKPD) tahun 2023.
"Tentu saja keinginan kita dan keinginan masyarakat banyak, tetapi karena terkendala pada anggaran, kita akan memilah dan memiliih skala prioritas yang mana akan kita dahulukan. Semua penting tapi ada yang lebih mendesak untuk kita laksanakan, maka itu yang akan kita kerjakan lebih awal," ucap bupati.

Mengacu pada tema pelaksanaan musrenbang tahun 2023, yang digelar Rabu (16/3) kemarin yakni "Pemantauan Pemulihan Ekonomi dan Daya Saing Daerah" serta prioritas pembanguan dengan mempertimbangkan ketersediaan anggaran. Sambung Bupati prioritas pembangunan di Kabupaten Kepahiang pada tahun 2023 mendatang masih mengedepankan pembangunan bidang pariwisata dan pengembangan UMKM.
"Mudah-mudahan saja nanti hasil dari pelaksanaan Musrenbang tingkat Kabupaten ini nanti yang akan kita bawa pada pelaksanaan musrenbang tingkat provinsi ada, ada banyak rencana kita yang juga bisa dibiayai oleh provinsi dan bahkan dibiayai pusat," terangnya.

Masih dikatakan bupati, untuk aksi dari pengembangan UMKM, bagaimana mensenergikan dari bidang perindustrian dan perdagangan untuk dapat menukung pengembangan UMKM di Kepahiang.
"Bisa saja nanti dalam bentuk pemberian modal bagi pengembangan UMKM itu sendiri," ucapnya.

Sementara untuk pengembangan pariwisata, diharapkan bupati akan ada pengembangan infrastruktur yang mendukung pengembangan potensi wisata di Kepahiang.

Sementara itu pelaksana tugas (Plt) Kepala Bappeda Kepahiang yang juga sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kepahiang Dr. Hartono, M.Pd, menyampaikan berdasarkan hasil usulan yang disampaikan masyarakat kepahiang untuk pembangunan infrastruktur fisik di Kepahiang pada tahun 2023, mencapai Rp. 83 miliar lebih.
"Kalau usulan pembangunan cukup banyak, dari 4 pagu indikatif itu membutuhkan anggaran sebesar Rp 83 miliar lebih. Tapi akan tetap kita lihat pada skala prioritasnya, mana yang akan dulu kita kerjakan. Ini manyangkung juga dengan keterbatasan anggaran yang kita miliki," tukas Sekda.

Pelaksanaan Musrenbang penyusunan rencana kerja pemerintah daerah(RKPD) 2023 Kabupaten Kepahiang, selain dihadiri bupati Kepahiang Dr. Ir Hidayattullah Sajhis, MM, IPU, Wakil Bupati Kepahiang H. Zurdi Nata, Unsur pimpinan Forkopimda, dan pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Kepahiang juga dihadiri tamu undangan dari beberapa kabupaten tetangga, Semantara mewakili Gubernur Bengkulu Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan Erlanga, M.Si, dan perwakilan dari Bappenas Agus Manshur, SE, M.Si Perencana Madya pada Direktorat Perencanaan dan Pengembangan Proyek Infrastruktur Prioritas Nasional Kementerian PPN/Bappenas. (CE7)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Whatsapp +628 2178 6396 51

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI:

Sumber: