Bupati Serap Aspirasi Pedagang, Tiga Pasar Dapat DAK Rp 20 Miliar

Bupati Serap Aspirasi Pedagang, Tiga Pasar Dapat DAK Rp 20 Miliar

CURUPEKSPRESS.COM, REJANG LEBONG - Bupati Rejang Lebong Drs Syamsul Effendi MM pada Rabu (23/3) kemarin menghadiri Gebyar 35 tahun Pasar Bang Mego. Dalam kesempatan itu, Bupati juga menyerap aspirasi pedagang yang tergabung dalam Himpunan Pedagang Pasar Bang Mego. Menurut Bupati, usia 35 tahun tentu merupakan usia yang tak lagi muda. Buktinya, saat ini Pasar Bang Mego sudah berumur, banyak rumput dan beberapa fasilitas juga rusak.
"Makanya melihat kondisi yang demikian, kami bersama jajaran terus berupaya bagaimana Pasar Bang Mego yang merupakan salah satu Pasar terbesar di Kabupaten Rejang Lebong juga mendapat perhatian dan perbaikan," ujarnya. 

Lanjut Bupati, kedepan Pasar Bang Mego ini kesannya harus bagus. Sehingga konsumen nyaman untuk berbelanja di Pasar Bang Mego. Dimana kata Bupati, Pasar Bang Mego menjadi salah satu Pasar yang mendapatkan Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Pemerintah Pusat.
"Anggaran Rp 4 Miliar. Meskipun saat ini baru sebatas perencanaan, namun tiga kali kita koordinasi dengan pusat, bisa dikatakan kepastian dana tersebut diangka 99 persen. Dimana saat ini, kita diminta untuk menyiapkan desainnya untuk selanjutnya diserahkan kepada pemerintah pusat," sampainya.

Makanya, dengan diskusi yang dilakukan kemarin sebut Bupati ada berbagai permintaan datang dari para pedagang Bang Mego. Salah satunya adalah pemasangan Closed Circuit Television (CCTV) beberapa titik di Pasar Bang Mego, kemudian videotron untuk membuat daya tarik masyarakat dan berbagai macam persoalan lainnya termasuk lampu penerangan di kawasan Pasar Bang Mego. 
"Oleh karena itu, Rp 4 Miliar anggaran DAK tersebut diharapkan tidak hanya lari ke gedung saja. Tetapi juga sarpras pendukung lainnya termasuk CCTV dan videotron seperti yang diharapkan pedagang. Kemudian terkait lampu jalan, kami minta Dishub yang berwenang untuk itu agar dapat memasang lampu jalan di kawasan Pasar Bang Mego," katanya. 

Di sisi lain, paling lambat renovasi atau perbaikan Pasar Bang Mego ini sebut Bupati bisa dilakukan pada tahun 2023 mendatang. "Kalau maunya kami secepatnya, kalau bisa tahun ini, tahun ini. Namun paling lambat renovasinya baru bisa dilakukan tahun 2023," ujarnya. 

Tiga Pasar Dapat DAK Rp 20 Miliar 

SEMENTARA itu Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop-UKM) Kabupaten RL, Dra Upik Zumratul Aini MSi melalui Kabid Perdagangan, Syamsul Bahri mengungkapkan tiga pasar tradisional di RL berpeluang mendapat perbaikan dan pembangunan baru melalui dana Tugas Pembantu (TP). Menurut Syamsul, TP tersebut jumlahnya mencapai Rp 20 Miliar dari DAK untuk tiga Pasar. 
"Dari berapa kali usulan yang disampaikan, mudah-mudahan tidak lagi ada halangan. Ada tiga Pasar yang mendapatkan TP. Yakni Pasar Bang Mego sebesar kurang lebih Rp 4 miliar, Pasar Atas yang akan jadi Pasar Tradisional Modern (PTM) sebesar kurang lebih Rp 12 Miliar dan Rp 4 miliar untuk Pasar Sinar Gunung," ujarnya. 

Lanjut Syamsul, pihaknya saat ini diminta untuk membuat perencanaan dengan anggaran yang diberikan termasuk desain pasar yang akan dibangun dan direnovasi.
"Mudah-mudahan jika tidak ada halangan, pembangunan akan dimulai pada 2023 mendatang," tandasnya. (CE5)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Whatsapp +628 2178 6396 51

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI:

Sumber: