Pemkab RL Siapkan 6 Desa Wisata Ikuti ADWI 2022

Pemkab RL Siapkan 6 Desa Wisata Ikuti ADWI 2022

CURUP EKSPRESS.COM, REJANG LEBONG - Anugerah Dewa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2022 kembali diselenggarakan, pendaftaran bagi desa-desa wisata yang ikut telah dibuka sejak 18 Februari sampai 31 Maret mendatang.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rejang Lebong telah menyiapkan 6 desa wisata diwilayahnya untuk mengikuti ajang tingkat nasional ADWI tahun 2022, yang digelar oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.
"Pada kesempatan ADWI tahun ini kita pastikan ada 6 desa wisata yang berkomitmen untuk ikuti ajang nasional tersebut," sampai Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Rejang Lebong, M. Budianto, ST MT.

Kadis memaparkan, adapun 6 desa wisata yang dimaksud antara lain, Desa Belitar Seberang Kecamatan Sindang Dataran, Sumber Urip dan Cawang Lama Kecamatan Selupu Rejang, Mojorejo Kecamatan Sindang Kelingi, Dusun Sawah Kecamatan Curup Utara dan Baru Manis Kecamatan Bermani Ulu.
"Jika tahun sebelumnya kita hanya siapkan 2 desa wisata, tahun ini kita update 6 desa wisata," ucapnya.

Lebih lanjut Kadis mengatakan, karena masih ada sisa waktu hingga 31 Maret, masih ada kemungkinan Pemkab Rejang Lebong menambahkan jumlah desa wisata yang akan diikutsertakan dalam ajang bergengsi tersebut.
"Tidak menutup kemungkinan kita menambah, karena portal nya belum ditutup," kata Kadis.

Diterangkannya, adapun keunggulan dari Desa Belitar Seberang yakni air terjun Tri Sakti yang memiliki ketinggian 87 meter, Desa Sumber Urip dengan destinasi alam Bukit Kaba, Desa Mojorejo dengan camping ground dan view Kota Curup yang indah, Desa Cawang Lama dengan arum jeramnya, Desa Dusun sawah dengan adat kebudayaannya yang masih kental, dan Desa Baru Manis dengan air terjun dan kebun jeruknya.
"Setiap desa wisata memiliki keunggulan dan keindahannya masing-masing," ujarnya.

Dirinya menambahkan, untuk bisa jadi desa wisata tidak harus memiliki destinasi wisata yang berkaitan dengan alam, lebih luas lagi adat istiadat dan kebudayaan juga termasuk bagian dari wisata. (CE9)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Whatsapp +628 2178 6396 51

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI:

Sumber: