RL Terima DAK Rp 20 M, Bangun 3 Pasar

RL Terima DAK Rp 20 M, Bangun 3 Pasar

CURUP EKSPRESS.COM, REJANG LEBONG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rejang Lebong tahun ini 2022, berpeluang besar mendapat bantuan dana alokasi khusus (DAK) yang direncanakan untuk membangun dan memperbaiki tiga pasar tradisional yang ada di daerah itu. Tiga pasar yang dimaksud antara lain Pasar Atas, Pasar Bang Mego dan Pasar Sinar Gunung.

Disampaikan Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop-UKM) Kabupaten Rejang Lebong, Dra. Upik Zumratulaini, M.Si melalui Kabid Perdagangan, Samsul Bahri, DAK yang akan diterima Pemkab Rejang Lebong dari Pemerintah Pusat diperkirakan mencapai Rp 20 miliar lebih.
"Mudah-mudahan saja tahun ini kita mendapatkan DAk untuk pembanguan dan perbaikan pasar dari Pemerintah Pusat melalui Kementrian Perdagangan RI," ucap Samsul.

Dijelaskannya, adapun pasar yang akan dibangun dan diperbaiki melalui anggaran tersebut diantaranya Pasar Bang Mego, pasar Atas dan Pasar Desa Sinar Gunung. Sambung Samsul dengan rincian masing-masing pasar mendapatkan anggaran sebesar Rp 12 miliar Pasar Atas, Bang Mego Rp 4 miliar dan Pasar Desa Sinar Gunung Rp 4 miliar.
"Diperkirakan anggaran yang akan kita terima untuk itu Rp 20 miliar," ujarnya.

Lanjut Syamsul, sebelum mendapat bantuan DAK senilai Rp 20 miliar itu, Pemkab Rejang Lebong harus lebih dulu mengajukan anggaran perbaikan dari ke 3 pasar tersebut melalui APBD Perubahan 2022.
"Tapi kita harus usulkan dulu di APBD-P tahun ini, baru DAK dari pusat itu bisa kita terima," ungkapnya.

Samsul melanjutkan, adapun usulan ketiga pasar melalui APBD-P 2022 antara lain Pasar Atas Rp 480 juta, Pasar Sinar Gunung Rp 160 juta dan Pematang Pasar Sinar Gunung Rp 60 juta. Usulan tersebut telah pihaknya naikkan dan mendapat respon positif mulai dari bupati hingga Sekda Rejang Lebong.
"Dan sekarang usulan itu sedang diproses di Bappeda kemudian dilanjutkan ke TAPD," terangnya.

Lanjutnya, oleh karena itu saat ini pihaknya hanya bisa berharap usulan tersebut disetujui untuk dimasukkan kedalam APBD-P tahun 2022.
"Nah kalau hasilnya nanti positif dapat pemerintah pusat melalui Kemendag siap menggelontorkan DAK Rp 20 miliar tadi," bebernya.

Diberitakan sebelumnya, Kepala Disperindagkop UKM Rejang Lebong, Dra. Upik Zumratulaini, M.Si melalui Kabid Perdagangan, Syamsul Bahri mengungkapkan tiga pasar tradisional diwilayahnya berpeluang mendapat perbaikan dan pembangunan baru melalui dana Tugas Pembantu (TP). Menurut Syamsul, TP tersebut jumlahnya mencapai Rp 20 Miliar dari DAK untuk tiga pasar. (CE9)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Whatsapp +628 2178 6396 51

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI:

Sumber: