Volume Sampah Meningkat, DLH Lemburkan Pasukan Kuning

Volume Sampah Meningkat, DLH Lemburkan Pasukan Kuning

CURUPEKSPRESS.COM, REJANG LEBONG - Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Rejang Lebong Suherman, SP melalui Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Sampah Limbah B3 dan Peningkatan Kapasitas Asri SKM menyampaikan, bahwa setiap Bulan Suci Ramadhan volume  sampah di daerah tersebut mengalami peningkatan  dibanding dengan hari biasanya. Peningkatan volume sampah tersebut  mencapai 2 hingga 3 kali lipat lebih banyak dari biasanya.

Disampaikan Asri, hal tersebut dikarenakan selama ramadhan terdapat beberapa pasar takjil,  yang sudah pasti memiliki sampah dalam jumlah yang cukup banyak.
"Sudah menjadi kebiasaan setiap ramadhan kebutuhan masyarakat meningkat, untuk itu pasti jumlah sampah juga akan meningkat," ujarnya.

Karenanya Asri mengatakan, untuk mengatasi hal tersebut, tahun ini pun pihak DLH harus melemburkan sebanyak 36 pasukan kuning (Petugas Kebersihan) untuk melakukan kebersihan dari pukul 18.00 WIB hingga 22.00 WIB setiap harinya. Artinya kegiatan kebersihan dilakukan sebanyak 3 kali dalam sehari.
"Kami melemburkan sebanyak 36 petugas kebersihan beserta truk pengangkut   untuk membersihkan dibeberapa titik. Dan mengapa hanya 36 orang  karena anggaran yang kami miliki terbatas, " sampainya.

Masih dikatakan Asri, untuk 36 orang yang melaksanakan lembur itu akan mendapatkan gaji lembur per-jamnya Rp 13 ribu. Dan akan melaksanakan lembur selama 4 jam.
"Petugas kebersihan kami jumlahnya 200 orang lebih, oleh karena itu 36 petugas yang yang melaksanakan lembur bisa dilakukan secara bergantian," ucapnya.

Disisi lain Asri mengharapkan, agar masyarakat Rejang Lebong tingkat kesadarannya terhadap sampah bisa lebih tinggi, dimana tidak ada lagi masyarakat yang membuang sampah sembarangan.
"Meski sampah selama ramadhan meningkat, kami harap sampah yang dibuang tidak sembarangan, karena untuk mempermudah petugas kita juga untuk membersihkannya," tukas Asri. (CE3)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Whatsapp +628 2178 6396 51

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI:

Sumber: