58 CJH RL Berusia 65 Tahun, Terancam Batal Berangkat

58 CJH RL Berusia 65 Tahun, Terancam Batal Berangkat

CURUPEKSPRESS.COM, REJANG LEBONG - Sebanyak 58 Calon Jemaah Haji (CJH) asal Rejang Lebong, tahun ini terancam batal berangkat ketanah suci untuk menunaikan rukun islam yang kelima. Hal itu dikarenakan regulasi ketetapan dari pemerintah Arab Saudi yang menetapkan bahwa CJH yang akan berangkat pada tahun ini usianya tidak boleh lebih dari 65 tahun.

Disampaikan Kepala Kantor (Kakan) Kementerian Agama (Kemenag) Rejang Lebong Dr. H. Nopian Gustari S.Pd.I, M.Pd.I, melalui Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah M. Aditiawarman Budi S.Ag, MH jika dari 232 kouta haji yang dimiliki RL, jumlah JCH yang berusia diatas 65 tahun saat ini berjumlah 58 orang.
"Berdasarkan kuota yang tersedia, jumlah CJH yang seharusnya kami berangkatkan tahun ini sebanyak 232 CJH, namun jika mengacu dengan peraturan dari pemerintah Arab Saudi untuk membatasi usia CJH yang berangkat haji, sebanyak 58 CJH asal Rejang Lebong keberangkatannya akan ditunda untuk tahun ini," ujarnya.

Meski demikian, sambung Adit, pihaknya masih menunggu kepastian dari peraturan presiden (Perpres). Karena menurutnya peraturan yang dibuat dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan pertimbangan yang ada.
"Sampai saat ini kami masih menunggu keputusan final soal pemberangkatan haji pada tahun ini. Jadi belum bisa dipastikan 232 CJH asal Rejang Lebong bisa berangkat atau tidak pada tahun ini, karena belum sampai pada kepususan akhir," sampainya.

Dikatakan Adit, karena peraturan baru selama covid-19 itu, hingga saat ini banyak CJH asal Rejang Lebong yang berdatangan ke Kemenag untuk mengkonfirmasi soal aturan yang ditetapkan oleh Pemerintah Arab Saudi tentang pelaksanaan haji pada tahun ini.
"Dalam beberapa hari ini sudah banyak CJH kita yang usianya diatas 65 tahun, untuk menanyakan soal keberangkatan haji pada tahun ini," ucapnya.

Masih dikatakan Adit, meski sudah banyak CJH yang bertanya, pihaknya belum bisa memberikan kepastian soal aturan baru yang ditetapkan pemerintah Arab Saudi, sampai benar-benar presiden yang mengumumkan soal pemberangkatan haji untuk CJH asal Indonesia.

Baik itu jumlah kuota terbaru yang tersedia, prokes yang harus dipatuhi, maupun soal ditundanya keberangkatan CJH yang usianya diatas 65 tahun.
"Kami berharap, 232 CJH asal Rejang Lebong semuanya bisa berangkat. Namun apabila keputusan Pemerintah Arab Saudi mutlak, maka CJH yang usianya diatas 65 tahun bisa lebib bersabar lagi," tukasnya. (CE3)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Whatsapp +628 2178 6396 51

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI:

Sumber: