3 Aset Pemda Bakal Dilelang, Dikelola Pihak Ketiga

3 Aset Pemda Bakal Dilelang,  Dikelola Pihak Ketiga

CURUPEKSPRESS.COM, REJANG LEBONG - Sebanyak 3 aset milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rejang Lebong bakal dikelola pihak ketiga. Adapun tiga aset tersebut yakni Wisma Bukit Kaba, Mess Pemda di Bengkulu dan Gedung Publik Information Center (PIC) di Jakarta. Rencana pengelolaan oleh pihak ketiga disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) RL, Yusran Fauzi ST.
"Tiga aset yang bakal dikelola pihak ketiga ini, sudah di Perdakan," ujar Sekda.

Menurut Sekda, untuk pengelolaan aset oleh pihak ketiga tersebut harus melalui penghitungan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL). Dimana sejauh ini, baru gedung PIC di Jakarta yang sudah ada nilai penghitungan yang besarannya hampir Rp 1 Miliar.
"Sedangkan 2 aset lagi masih dalam proses penghitungan KPKNL untuk menentukan nilainya," sampai Sekda.

Lanjut Sekda, meskipun gedung PIC sudah ada penghitungan dari KPKNL, namun belum bisa langsung dikelola pihak ketiga. Karena masih ada beberapa kendala dan persyaratan yang harus dilengkapi.
"Pada dasarnya gedung PIC ini sudah ada IMB, namun belum punya standar laik fungsi terhadap bangunan tersebut. Yang saat ini masih diurus dan dikoordinasi dengan DKI yang berwenang terhadap wilayah itu," kata Sekda.

Sementara sambil berjalan saat ini pihaknya juga mencari pihak ketiga yang akan mengelola aset gedung PIC dan tentu saat ini, pihaknya juga melakukan uji petik terhadap sewa yang disesuaikan dengan kondisi sekarang ini.
"Untuk pengelolanya nanti sifatnya bisa lelang atau pola sewa. Karena pengelolaan aset oleh pihak ketiga itu juga telah diatur dalam Permendagri nomor 19 tahun 2006 tentang pengelolaan barang milik daerah," ungkap Sekda.

Ditambahkan Sekda, pihaknya berharap terhadap 3 aset yang bakal dikelola oleh pihak ketiga tersebut bahkan telah di Perdakan bisa sesegera mungkin untuk dapat dimanfaatkan.
"Karena terhadap aset ini juga, akan menjadi penerimaan bagi Kabupaten Rejang Lebong," tandasnya. (CE5)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Whatsapp +628 2178 6396 51

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI:

Sumber: