Meriahkan HUT Kota Curup, Pemkab Gelar Pawai Adat dan Aneka Lomba

Meriahkan HUT Kota Curup, Pemkab Gelar Pawai Adat dan Aneka Lomba

CURUPEKSPRESS.COM, REJANG LEBONG - Dalam rangka menyambut dan memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Curup yang ke 142 tahun 2022, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rejang Lebong akan menggelar beraneka lomba dan juga tak kalah pentingnya ada pawai adat dan karnaval kendaraan hias.
"Kita bakal adakan pawai adat dan karnaval kendaraan hias untuk meriahkan HUT Kota Curup tahun ini. Bahkan ada 24 cabang lobang yang juga nanti dihadirkan," sampai Sekretaris dalam peringatan HUT Kota Curup, Reza Pakhlevie, SE.

Lebih lanjut Reza menjelaskan, kegiatan pekan seni budaya daerah pada HUT Kota Curup itu akan berlangsung selama 12 hari, dimulai pada tanggal 18 Mei sampai dengan 29 Mei 2022 mendatang.
"Selama 12 hari dengan beragam kegiatan didalamnya," jelas Reza.

Adapun 24 cabang lomba yang maksud papar Reza, diantaranya lomba pawai adat, lomba menulis huruf ka ga nga, lomba masak menu serba ikan, lomba batik pei ka ga nga, lomba kesenian minang, lomba busana adat (TK/PAUD), lomba B2SA, lomba bujang semulen, lomba lagu daerah, lomba tari kejei, lomba bekulo, loma tari kreasi daerah, lomba presenter, lomba merangkai papan ucapan, lomba membuat miniatur rumah adat, lomba bazar, lomba gitar tunggal batang hari sembilan, lomba lagu pop daerah dan 6 lomba sisanya lomba pergelaran seni.
"24 cabang lomba itu bisa diikuti oleh siapa pun, baik masyarakat umum maupun kalangan ASN," tuturnya.

Lanjut Reza, adapun secara pokok ada 8 rangkaian kegiatan, antara lain pelaksanaan pameran dan zakar. Untuk pameran dan bazar ini akan dilaksanakan di lapangan Dwi Tunggal yang akan berlangsung selama 10 hari terhitung mulai 18 Mei sampai dengan 28 Mei 2022, menggelar zikir akbar di Masjid Agung Baitul Makmur yang akan dilangsungkan pada 20 Mei sekaligus mengawali rangkaian kegiatan tersebut.

Sambungnya, lalu pada malam harinya akan dilangsungkan kedurei sudut atau doa sudut. Kegiatan selanjutnya, pawai adat dan karnaval kendaraan hias dengan dilanjutkan prosesi kedurei agung akan dilangsungkan pada 20 Mei. Lanjut ada kegiatan gebyar pekan seni dan budaya daerah yang dilengkapi lomba maupun non-lomba juga akan digelar, upacara HUT Kota Curup pada 29 Mei dan dilanjutkan dengan sidang paripurna istimewa DPRD RL.
"Lalu kegiatan terakhir pada malam hari di tanggal 29 Mei pembagian hadiah sekaligus ditutup dengan prosesi adat pancung tebu, sebagai tanda berakhirnya seluruh rangkaian kegiatan pekan seni budaya daerah," tandasnya. (CE9)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Whatsapp +628 2178 6396 51

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI:

Sumber: