Dosen Unib Ajarkan Petani Air Meles Atas Kelola Produk Pertanian Menjadi Aneka Bolu

Dosen Unib Ajarkan Petani Air Meles Atas Kelola Produk Pertanian Menjadi Aneka Bolu

CURUPEKSPRESS.COM, SELUPU REJANG - Dosen Universitas Bengkulu (Unib) menggelar kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi di Desa Air Meles Atas Kecamatan Selupu Rejang Kabupaten Rejang Lebong. Kegiatan pengabdian pada masyarakat (PPM) tersebut dilakukan langsung oleh 3 Dosen UNIB yaitu Dr. Hesti Pujiwati, SP. MSi sebagai ketua, Ir. Eko Suprijono, MP dan Ir. Mukhtasar, MS sebagai anggota serta melibatkan satu mahasiswa yang bernama Irvan Prayoga.

Menariknya kegiatan pengabdian berjudul Kerajinan Berbasis Sayur dan Buah sebagai Pendukung Wisata Dataran Tinggi Desa Air Meles Atas Kabupaten Rejang Lebong tersebut disambut antusias oleh warga yang notabene petani. Bahkan diakhir kegiatan Kades Air Meles Atas, Syamsul Bahrun mendapatkan sertifikat dari dosen Unib.

Penyerahan Sertifikat Tim Pengabdian kepada Kepala Desa Air Meles Atas

Disampaikan Kepala Dusun 3 Desa Air Meles Atas, Sukadi jika pihaknya menyambut antusias kegiatan pengabdian ini dan menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada tim pengabdian UNIB yang telah memberikan penyuluhan dan praktek langsung pengolahan sayur dan buah menjadi aneka kue bolu.

Disisi lain Ketua PPM Unib, Dr. Hesti Pujiwati, SP. MSi menerangkan dipilihnya Desa Air Meles Atas sebagai lokasi pengabdian karena merupakan salah satu Desa di Kecamatan Selupu Rejang yang menjadi sentra produksi sayur dan buah serta menjadi lokasi wisata dataran tinggi.
"Selama ini masyarakat Desa Air Meles Atas khususnya yang bermata pencaharian sebagai petani mempunyai keinginan untuk meningkatkan pendapataan melalui produk olahan sayur dan buah menjadi aneka olahan. Hal ini merupakan potensi besar untuk dikembangkan sehingga hasil produksi pertanian yang semula nilai ekonomisnya kurang berubah menjadi lebih bernilai ekonomis dan bermanfaat," sampai Dr Hesti.

Salah satu solusi yang dapat ditawarkan adalah pengolahan sayur dan buah menjadi aneka bolu bercita rasa tinggi dengan nilai gizi yang tinggi, harga yang kompetitif dan packing yang menarik.
"Harapannya masyarakat Desa Air Meles Atas dapat meningkatkan pendapatan melalui produk olahan dan bisa berkelanjutan sehingga masyarakat merasa bergairah dalam menggali potensi daerahnya serta dapat meningkatkan taraf hidup dan pendapatan keluarga," katanya.

Adapun konsep pengolahan produk pertanian menjadi aneka olahan yang beraneka ragam yang ditawarkan kepada masyarakat di Desa Air Meles Atas adalah dengan praktek mengolah langsung produk pertanian menjadi aneka bolu. Beberapa produk yang dapat yang dibuat dengan bahan baku utama pisang, wortel, kentang, dan ubi ungu menjadi bolu. Produk yang berkualitas dengan packing yang menarik akan menambah nilai jual yang ditawarkan kepada para konsumen atau pembeli. (**)

Acara Pembukaan Kegiatan Pengabdian Masyarakat di Desa Air Meles Atas

Tujuan Kegiatan

1) Untuk menambah pengetahuan masyarakat Desa Air Meles Atas dalam mengolah aneka olahan produk pertanian menjadi beraneka ragam produk olahan bolu bernilai gizi tinggi dan ekonomis,

2) Untuk menambah keterampilan masyarakat Desa Air Meles Atas melalui teknologi tepat guna dalam pengolahan produk pertanian menjadi beraneka ragam produk olahan bolu dengan kemasan yang menarik.

Metode Yang Diterapkan

Untuk melaksanakan pengabdian adalah dalam bentuk penyuluhan/sosialisasi dan praktek langsung. Kegiatan penyuluhan atau sosialisasi dilakukan pada warga Desa Air Meles Atas dengan menjelaskan tentang kandungan gizi wortel, kentang, pisang, dan ubi ungu serta dijelaskan tentang pembuatan dan pemanfaatan produk pertanian menjadi aneka bolu.

Demonstrasi atau praktek di lapangan langsung dengan memperlihatkan secara langsung tentang pengolahan produk pertanian menjadi aneka bolu.
Warga Desa Air Meles Atas sangat antusias mengikuti kegiatan pengabdian baik ketika mengukiti sosialisasi dan praktek langsung dalam membuat aneka bolu dengan bahan baku utama produk pertanian.

.Produk Olahan Pisang, Wortel, Kentang dan Ubi Ungu Menjadi Kue Bolu

Warga mempraktekkan secara langsung mulai dari proses pemilihan bahan baku produk pertanian hingga mengolah menjadi bolu. Selesai kegiatan warga sangat puas dengan produk olahannya dan akan mempraktekkan lagi di rumah masing-masing sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan nilai jual produk pertanian yang dihasilkan.

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Whatsapp +628 2178 6396 51

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI:

Sumber: