20 SD Bakal Terima DAK Rp 11,7 Miliar

20 SD Bakal Terima DAK Rp 11,7 Miliar

Kabid SD Dikbud RL, Mila Mertika SSos--

REJANG LEBONG, CURUPEKSPRESS.COM - Pada tahun ajaran 2022/2023 ini, sebanyak 20 Sekolah Dasar (SD) akan memperoleh Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp 11,7 miliar.

DAK tersebut akan di salurkan untuk sekolah - sekolah tertentu yang memang keadaan sekolahnya tersebut membutuhkan perbaikan ataupun penambahan ruangan baru seperti ruangan kelas belajar (RKB), Perpustakaan, ruangan Kepala Sekolah, dan sebagainya. 

Hal tersebut diketahui berdasarkan laporan dari aplikasi data Dapodik oleh masing - masing sekolah.

"Insyaallah tahun ajaran baru ini akan ada bantuan Dak yang akan di salurkan kepada Sekolah bagi Sekolah Dasar yang ada di kabupaten Rejang Lebong sebanyak kurang lebih 20 sekolah," ungkap Kabid SD Dikbud RL, Mila Mertika SSos kepada CE.

Disebutkan Mila, pihaknya belum bisa menyampaikan data nama - nama sekolah tersebut kepada publik. Hal ini karena pihaknya baru berada di tahap persiapan terhadap penyaluran DAK tersebut. 

"Yang pastinya untuk total Dak keseluruhannya sebesar Rp. 11,7 Miliar yang insyaallah nanti akan di salurkan pada tahun ajaran 2022/2023 mendatang, untuk saat ini kami baru berada di tahapan persiapan dari penyaluran dan pengelolahan dana tersebut. Jadi kalo untuk data sekolah penerima belum bisa kita sampaikan untuk saat ini karena di khawatirkan akan menumbuh kecemburuan sosial dari sekolah yang belum mendapatkan Dak tersebut," jelas Mila. 

Sambung Mila, yang pastinya bantuan tersebut di salurkan berdasarkan dari laporan masing - masing sekolah yang melaporkan Data sekolahnya melalui aplikasi Data Depodik yang memang membutuhkan bantuan perbaikan maupun pengadaan ruangan baru. 

"Jika masing - masing sekolah tidak melaporkan Data fisik sekolahnya maka pihak pemerintah dan kementerian tidak mengetahui keadaan sekolah tersebut yang sebenarnya, maka dari itu kembali kami ingatkan kepada satuan pendidikan agar menyampaikan keadaan data sekolahnya sesuai dengan  keadaan sesungguhnya, yang ngak ada jagan di ada - adakan, yang rusak sampaikan rusak," pungkas Mila.

Sumber: