BOS Madrasah Swasta Tahap II Segera Cair, 3 Madrasah Belum Lengkapi Berkas

BOS Madrasah Swasta Tahap II Segera Cair, 3 Madrasah Belum Lengkapi Berkas

ILUSTRASI/NET--

REJANG LEBONG, CURUPEKSPRESS.COM - Kepala kantor (Kakan) kementerian Agama (Kemenag) Rejang Lebong Dr. H Nopian Gustari SPd I M Pd I melalui Statistis Pendidikan Madrasah Ira Merianis S Mat mengatakan, Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Madrasah swasta tahap II diperkirakan akan cair pada Bulan Agustus Mendatang. 

BACA JUGA :  Waspada! 4 Unit HP Mahasiswa KKN IAIN Digondol Maling

Sementara, dari 19 Madrasah yang ada di Kabupaten RL, baik itu tingkat MI, MTS, dan juga MA. Masih ada sekitar 3 Madrasah lagi yang belum melengkapi berkas pencairan. Yakni MIS Guppi 11 Talang Rimbo, MTS Nurul Kamal, dan juga MTSS Baitul Makmur Curup.

"Sejauh ini baru 16 Madrasah yang sudah menyerahkan berkas pencairan BOS secara lengkap. Sehingga masih ada 3 Madrasah lagi yang belum melengkapi berkas pencairannya. Untuk itu kami masih menunggu 3 Madrasah tersebut untuk segera melengkapi pemberkasan sampai tanggal 21 Juli mendatang," ujarnya. 

Dikatakan Ira, dari koordinasi yang dilakukan pihaknya, 3 Madrasah yang belum melengkapi berkas pencairan BOS tersebut dikarenakan terkendala oleh penggunaan aplikasi elektronik rencana kerja anggaran madrasah (ERKAM) yang baru saja disosialisasikan pada tahun ini.

BACA JUGA :  Pelajar SMAN 13 RL Ikuti Pembuatan KTP di Sekolah 

"Memang aplikasi ERKAM yang digunakan untuk menginput dan melaporkan penggunaan anggaran tahap I ini baru disosialisasikan. Jadi wajar jika ada pihak madrasah yang masih belum paham dalam mengaplikasikannya. Sementara sebelumnya hanya menggunakan microsoft excel saja," ucapnya.

Adapun jumlah anggaran dana BOS yang dibutuhkan untuk 19 madarsah itu, sambung Ira, mencapai Rp 2,6 miliar lebih. Sehingga per tahapnya anggaran BOS yang dibutuhkan untuk 19 Madrasah tersebut sebesar Rp 1,3 miliar.

BACA JUGA :  Angkutan Ini Dilarang Pakai BBM Bersubsidi 

"Secara keseluruhan, jumlah nominal dana BOS madrasah itu mencapai 1,3 miliar pertahapnya. Akan tetapi jumlah nominal anggaran yang diterima oleh masing-masing madrasah berbeda, sesuai dengan jumlah siswa  dan daya tampung siswa yang dimiliki oleh madrasah tersebut," singkatnya.

Mari bergabung di Grup Telegram "curupekspress.com", caranya klik link https://bit.ly/3aSxSNW, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: