Pawai Taaruf Meriahkan Tahun Baru Islam

Pawai Taaruf Meriahkan Tahun Baru Islam

DOC/CE Pawai Taaruf yang di gelar Kemenag Lebong beberapa tahun lalu--

REJANG LEBONG,CURUPEKSPRESS.COM - Dalam rangka menyambut peringatan 1 Muharam 1444 Hijriah atau tahun baru Islam, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) mengagendakan untuk melaksanakan Pawai Taaruf.

Kegiatan ini rencananya diikuti oleh seluruh satuan kerja Madrasah Negeri maupun Swasta, Kepala Urusan Agama (KUA), PAI termasuk organisasi masyarakat dan umat Islam yang ada di wilayah Lebong.

BACA JUGA :  Puluhan Guru Usulkan Pindah di Tolak 

Hal ini sebagai diungkapkan Kasi Bimas Islam Malvinas RNBS S IP M Pd.

"Benar, kita sudah menggelar rapat teknis terkait persiapan pelaksanaan 1 Muharram 1444 H pada Rabu (27/7) kemarin. Bahwasanya agenda pawai taaruf itu akan dilaksanakan pada Sabtu (29/7) besok," katanya.

BACA JUGA :  40 Ranmor Nunggak Pajak 

Disampaikan Malvinas kegiatan pawai ta'aruf dalam menyambut 1 Muharam yang di gelar pihaknya tersebut sempat ditiadakan selama 2 tahun akibat adanya pandemi covid 19.

Meskipun demikian dirinya bersyukur tahun ini kegiatan yang sudah menjadi tradisi itu kembali di tiadakan di tahun ini.

BACA JUGA :  Toilet Gedung Dewan Direhab 

"Kegiatan ini selain memeriahkan penyambutan tahun baru Islam, juga sebagai ajang silaturahmi agar ke depannya bisa lebih baik lagi. Mengingat selama dua tahun agenda tersebut ditiadakan karena pandemi," ucapnya.

Lebih jauh, disebutkan Malvinas untuk titik kumpul para peserta pawai taaruf rencananya akan ditempatkan di Lapangan Hatta Desa Kampung Muara Aman.

Setelah itu para peserta pawai akan berjalan menuju kantor Dukcapil Lebong kemudian melewati simpang Lebong Donok hingga akhirnya mereka sampai di finish kembali lagi ke lapangan Hatta.

BACA JUGA :  3 Pembobol ATM Terancam 7 Tahun Penjara 

Selama pawai berlangsung mereka akan diiringi Drum Band dari MTS N 1 Lebong.

"Untuk star awal akan di mulai pukul 08.00 WIB pagi hingga selesai, diharapkan kepada peserta pawai taaruf terutama satuan kerja Madrasah Negeri dan Swasta, KUA, PAI hingga umat muslim di Lebong diharapkan dapat mengikuti tradisi pawai taaruf tersebut karena kegiatan ini sebagai salah satu cara kita untuk menyambut tahun baru Islam," ucapnya.

Sementara itu, Kabag Kesra Riskal Efendi SH menyampaikan Pemkab mendukung adanya pelaksanaan peringatan 1 Muharram 1444 H yang akan di laksanakan oleh Kementerian Agama Kabupaten Lebong.

Bahkan dirinya juga mengupayakan agar sekolah umum yang berada di bawah naungan Diknas Kabupaten Lebong bisa diikut sertakan dalam kegiatan pawai taaruf 1 Muharram tersebut.

"Kegiatan seperti ini juga diharapkan menambah kekompakan, kebersamaan dan persaudaraan sesama umat muslim. Selain itu, juga dapat menjalin persatuan dan kesatuan dan sikap saling menghormati antar pemeluk agama khususnya di Kabupaten Lebong," singkatnya.

Sumber: