Korban Digigit Anjing Diawasi Ketat, Mardiani: Kondisinya Masih Normal

Korban Digigit Anjing Diawasi Ketat, Mardiani: Kondisinya Masih Normal

IST/CE Kondisi terkini Virgan, salah seorang korban terkena gigitan anjing rabies beberapa waktu lalu--

REJANG LEBONG, CURUPEKSPRESS.COM - Paska 7 korban digigit anjing rabies di Kecamatan Selupu Rejang beberapa waktu yang lalu. Saat ini kondisi para korban sejauh ini masih dalam koridor aman dan tidak memunculkan adanya perubahan perilaku ataupun masalah kesehatan yang serius.

Hal ini sebagaimana yang dikatakan oleh salah satu anggota Pekerja Sosial (Peksos) Rejang Lebong, Mardiani yang juga diketahui berdomisili dekat dengan tempat tinggal korban.

Menurutnya bahwa dari pantauannya terhadap kondisi 7 orang korban yang jadi keganasan anjing rabies itu masih terpantau normal.

"Alhamdullilah kalau sampai hari ini (kemarin, red) belum ada nampak kondisi dari para korban yang mengkhawatirkan, dalam artian masih normal-normal saja," sampainya.

 

Mardiani menerangkan, mereka para korban sekarang terus mendapat pengawasan dari pihak Puskesmas Sumber Urip untuk memantau perkembangan kondisi kesehatannya.

"Pengawasan dari pihak kesehatan sangat ketat dan luar biasa dalam menangani dan merawat para korban gigitan anjing rabies itu," terangnya.

Selain itu, Mardiani menyampaikan, tidak hanya kondisi kesehatan para korban saja yang jadi perhatian petugas kesehatan, tetapi sampai dengan lingkungan rumah tempat tinggal mereka juga dilakukan pemeriksaan.

"Sampai sedetail itu pengawasan dari pihak puskesmas kepada 7 korban yang terkena gigitan anjing rabies," tuturnya.

Dirinya juga mengatakan, jika pada Selasa (30/8) hari ini akan diadakan penyuntikan vaksin rabies terhadap hewan-hewan peliharaan seperti anjing dan kucing di Balai Desa Sumber Urip Kecamatan Selupu Rejang.

"Besok (hari ini, red) akan ada giat penyuntikan rabies di balai desa kami. Ini menindaklanjuti terkait kasus anjing yang menggigit warga beberapa waktu lalu," ujarnya.

Terpisah, Kadus Desa Sumber Urip, Gunawan yang diwawancara wartawan mengatakan, bahwa luka-luka gigitan yang dialami para korban seperti Virgan sudah mengering.

"Alhamdulillah lukanya mulai kering dan semoga lekas sembuh," katanya.

Kemudian sambung Gunawan, rencananya Selasa (30/8) hari ini para korban juga akan disuntik vaksin anti rabies (VAR) juga di Puskesmas Sumber Urip.

Adapun sebanyak 7 korban yang terkena gigitan anjing rabies itu antara lain Virgan (3) dengan luka gigitan pada dahi, pipi kiri dan dibawah mata sebelah kiri.

Lalu 2 warga diserang juga dengan luka gigitan pada pinggang dan tangan.Kemudian 2 warga asal Desa Sumber Bening dan 2 warga Desa Karang Jaya Kecamatan Selupu Rejang juga jadi korban anjing rabies itu.

Sumber: