1 Paket APBD-P Proses Tender

1 Paket APBD-P Proses Tender

DOK/CE Kabag Pengadaan Barang dan Jasa Setda Kabupaten RL, Sudirman--

REJANG LEBONG, CURUPEKSPRESS.COM - Dalam merealisasikan dana pada anggaran pendapatan dan belanja daerah perubahan (APBD-P) tahun 2022.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rejang Lebong (RL) memiliki 1 paket kegiatan yang saat ini sedang proses tender.

"Di perubahan APBD 2022 ini kita hanya ada 1 paket kegiatan yang sudah tayang tender," ungkap Kabag Pengadaan Barang dan Jasa Setda Kabupaten RL, Sudirman.

Paket kegiatan yang dimaksud, kata Sudirman, yakni pengadaan lampu penerangan jalan umum (LPJU) yang merupakan kegiatan Dinas Perhubungan (Dishub). Adapun anggaran yang disiapkan untuk pengadaan LPJU tersebut sebesar Rp 364 juta.

"LPJU leading sector alias OPD yang punya kegiatan itu Dishub," ucapnya.

BACA JUGA:BUMD Diharapkan Jadi Distributor Pupuk Subsidi

BACA JUGA:Anang - Ashanty Hadiri Festival Budaya Kepahiang, Ashanty: Saya Senang dengan Kebudayaan dan Keindahan Alam

Dirinya memperkirakan, pada Desember mendatang proses tender selesai dan barang berupa lampu jalan sudah bisa digunakan. Berkenaan dengan teknis, OPD terkait lebih memahami hal tersebut.

Sementara itu lanjutnya, untuk pengadaan barang elektronik melalui E-Katalog Pemkab RL melakukan pengadaan satu unit mobil operasional Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil). Nominal atau anggaran yang disiapkan berkisar Rp 200 juta.

"Ini juga sedang berproses. Pengadaan mobil operasional ini diluar paket. Karena ia elektronik bukan infrastruktur/konstruksi," terangnya.

Adapun untuk seluruh paket kegiatan yang bersumber dari APBD murni atau dana alokasi umum (DAU), Sudirman mengatakan, seluruhnya sudah selesai berkontrak dan bahkan sudah mulai berjalan alias proses pengerjaan.

"Paket dari APBD murni semuanya sudah berjalan dan dikerjakan oleh Dinas PUPRPKP," ucapnya.

BACA JUGA:Lemea dan Tempoyak Seharusnya Ada di Jakarta, Anang: Akan Bawa Kopi Kepahiang ke Lumiere Coffee

 

Masih dikatakannya, adapun kegiatan fisik yang dibiayai oleh APBD murni tahun 2022 ini totalnya ada sebanyak 68 paket. Yang diantaranya peningkatan jalan, bahu jalan, pembukaan jalan baru, perbaikan saluran drainase, dan lainnya.

"Sebagian besar anggaran APBD murni untuk perbaikan/peningkatan jalan-jalan yang ada di Kabupaten RL," tandasnya. 

Sumber: