Dua Minggu Menjelang Nataru, Harga Bapokting Masih Terpantau Stabil

Dua Minggu Menjelang Nataru, Harga Bapokting Masih Terpantau Stabil

NICKO/CE Tampak salah satu pedagang bapokting di Pasar Atas Curup.--

REJANG LEBONG, CURUPEKSPRESS.COM  - Lebih kurang dua minggu menjelang perayaan hari besar Natal dan Tahun Baru (Nataru), terpantau saat ini harga Bahan Pokok Penting (Bapokting) di pasar Rejang Lebong masih bisa dikatakan stabil.

Sebagaimana disampaikan Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM (Disperindagkop UKM) Kabupaten Rejang Lebong Drs Samsul Bahri, dari pantauan yang dilakukan pihaknya sejak awal Bulan Desember kemarin.

Belum ada lonjakan harga bapokting yang menunjukkan tanda-tanda yang harganya bisa dikatakan sulit terjangkau untuk masyarakat.

"Sejak awal Bulan Desember kemarin kami terus melakukan pemantauan harga bapokting di pasar Rejang Lebong. Untuk itu bisa dikatakan saat ini harga bapokting masih stabil," ujar Samsul.

BACA JUGA:Lelang JPT Tunggu Assessment

BACA JUGA: CAT PPPK Dilaksanakan di Bengkulu

Masih dikatakan Samsul, memang biasanya menjelang perayaan hari besar setiap tahunnya seperti Nataru harga bapokting mengalami kenaikan. Namun sampai saat ini kenaikan tersebut belum bisa diperkirakan secara pasti.

"Jika dilihat dari jumlah kebutuhan masyarakat, memang pasti terjadi kelonjakan harga bapokting dipasaran menjelang Nataru. Namun kami belum bisa memperkirakan seberapa jauh akan terjadi lonjakan," sampainya.

Karenanya Samsul juga mengatakan, untuk mengantisipasi terjadinya kelonjakan harga bapokting menjelang Nataru tersebut. Semaksimal mungkin pihaknya juga akan berupaya menekan inflasi yang terjadi, agar lonjakan harga bapokting tidak terlampau jauh dari biasanya.

"Tentu kami akan melakukan upaya sebaik mungkin, agar harga bapokting menjelang Nataru tidak terlalu melonjak. Meskipun nanti harga nya melonjak karena banyaknya kebutuhan masyarakat, kami akan menekan hal tersebut agar lonjakannya tidak tinggi. Untuk itu setiap hari kami juga akan terus melakukan pemantauan ke pasar," terang Samsul.

Adapun beberapa daftar harga bapokting yang masih bisa dikatakan stabil sambung Samsul, seperti cabe merah besar Rp 28-30 ribu perkilo, cabe merah keriting Rp 30-35 ribu perkilo, cabe rawit Rp 38-45 ribu perkilo, bawang merah Rp 28-30 ribu perkilo, bawang putih Rp 20-22 ribu perkilo, bawang bombay Rp 22-26 perkilo, daging ayam Rp 32-34 ribu perkilo, daging Rp 130-140 ribu perkilo, telor Rp 54-56 ribu perkarpet, dan juga masih banyak bapokting lainnya yang masih dikatakan stabil.

"Berdasarkan pantauan kami per Hari Jum'at kemari9n harga bapokting sesuai dengan harga yang disebutkan diatas," singkat Samsul. 

Sumber: