11 Ide Bisnis yang Menjanjikan di Tahun 2023

11 Ide Bisnis yang Menjanjikan di Tahun 2023

ILUSTRASI/NET--

EKBIS, CURUPEKSPRESS.COM - Haloo.. Sobat CE, Untuk ide bisnis tentu saja banyak dan beragam jenisnya.

Kalo sobat adalah pemula dan sedang bingung mencari ide bisnis yang menjanjikan untuk memulai bisnis di tahun 2023, tenang saja, artikel dibawah ini ada beberapa ide bisnis yang menarik serta potensial untuk sobat coba.

Ide-ide bisnis ini dapat sobat jadikan sebagai referensi ataupun inspirasi untuk bisa mengartikulasikan ide bisnis menjadi rencana bisnis yang matang!

Sebelum memulai bisnis yang akan digeluti, Sobat juga harus memastikan bahwa sobat memiliki pengalaman serta kemampuan untuk bisa mengembangkan bisnis produk ataupun jasa tersebut secara terstruktur dan detail.

Sobat harus menemukan terlebih dahulu jenis produk ataupun jasa yang memang dibutuhkan oleh target pasar. Lalu apa saja bisnis yang bisa kita coba? Yuk baca artikel dibawah ini.

Kategori Usaha Cemilan dan Paket

Bisnis yang menjanjikan kali ini berasal dari bahan pangan dimana ini menjadi kebutuhan utama setiap orang.

Olahan buah-buahan bisa dimanfaatkan menjadi sumber bisnis baru mulai dari FnB hingga dekorasi parsel. Ini dia rekomendasi usaha bisnis tananam dan buah-buahan yang bisa menjanjikan di tahun 2023 ini!

1. Salad Buah dan Jus Segar

Bisnis salad buah bisa menjadi lebih baik jika sobat dapat menjaga kualitas dari buah-buahan dengan baik.

Untuk itu jika memiliki bisnis buah-buahan dengan model seperti ini, sobat perlu memperhatikan fisik, tekstur hingga bau dari buah dengan baik sejak awal mengisi stok buah-buahan. 

Jus & Salad buah juga bisa menjadi bisnis yang menjanjikan untuk dijalankan. Jika sobat memiliki ruko di tempat yang cukup strategis, bisnis jus tentunya bisa membawa keuntungan.

Nah untuk mencegah jus menjadi busuk, Anda bisa mengolahnya menjadi salad buah. 

2. Parcel 

Nah bicara tentang jus dan salad buah, tentu saja parsel bisa menjadi salah satu jasa yang sobat juga dapat berikan.

Namun jika ternyata sobat keberatan untuk menyetok buah, bisa menjual parsel secara online. Sehingga tidak harus menyetok buah untuk menghindari adanya kerugian yang dapat terjadi. 

Parcel adalah bisnis yang cukup dibutuhkan, jadi berhubungan dengan jasa ini memang yang dibutuhkan hanyalah dalam beberapa acara tertentu saja.

Maka, solusi menjalankannya bisa memasarkan secara online menggunakan iklan atau memberikan berbagai promo menarik kepada komunitas. 

3. Merangkai Bunga 

Merangkai bunga saat ini menjadi salah satu bisnis yang menarik dan bahkan menyenangkan untuk dilakukan.

Merangkai bunga bisa menjadi bisnis yang menjanjikan jika Anda menyediakan berbagai macam bentuk hingga variasi rangkaian bunga.

Ditambah lagi saat ini sudah banyak referensi jenis dan model bunga yang dirangkai.

Merangkai bunga tidaklah mudah, dibutuhkan keahlian dan keterampilan terasah yang baik.

Keuntungannya jika Anda dapat dengan telaten mengelola bisnis merangkai bunga ini dari waktu ke waktu, seiring waktu bisnis bunga Anda akan semakin kuat jangkauannya. 

Usaha Jasa 

Usaha jasa sudah pasti dituntut untuk memiliki keterampilan hingga pengetahuan yang mumpuni dalam bidangnya.

Biasanya dalam bidang ini juga dibutuhkan kreativitas untuk membuat sobat berbeda dari yang lainnya. Sobat dapat memanfaatkan personal branding untuk memaksimalkan penerimaan penawaran jasa yang terbuka untukmu.

Yuk baca artikel berikut beberapa bisnis yang menjanjikan dalam bidang jasa! 

4. Barber Shop 

Bisnis barbershop adalah salah satu bisnis yang menarik untuk ditekuni, masalah banyak yang berpikiran bahwa membuka bisnis ini memerlukan modal awal yang besar.

Pasalnya dalam berbisnis pun tidak semata-mata memulai tanpa menggunakan uang. 

Adapun alat-alat yang dibutuhkan pada umumnya adalah alat cukur atau razor, shaving cream, water spray, sisir dengan berbagai ukuran, clipper atau mesin cukur, apron, kursi barber dan handuk. 

5. Aksesoris Handmade

Jika anda merupakan orang yang memiliki ketekunan yang tinggi, maka usaha ini cocok untuk dijalankan. Pembuatan seni handmade ini ternyata tidak membutuhkan cukup banyak modal.

Hanya saja keterampilan dan imajinasi yang tinggi sangat diperlukan. Untuk mendapatkan penjualan dan eksposur brand yang tinggi, Anda juga perlu menjualnya dalam online dan memasarkannya melalui media sosial maupun komunitas. 

6. Affiliate marketing

Affiliate marketing adalah istilah kerjasama marketing dimana Anda menjadi agen yang membantu proses penjualan dan mendapatkan komisi setiap penjualan terjadi.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menjadi affiliate marketing adalah pentingnya memasarkan bisnis perusahaan melalui produk dengan benar. 

Tips sukses untuk menjalankannya adalah dengan memastikan sistem pembayaran jasa dengan baik oleh perusahaan yang bersangkutan.

Jadi, baiknya jangan sembarang mengikuti program affiliate marketing tanpa dengan jelas memahami tugas dan ketentuan komisi yang akan Anda dapatkan. 

7. Reseller Online

Jenis bisnis ini biasanya dilakukan pada industri fashion atau pakaian sehingga sangat cocok untuk dilakukan jika Anda memiliki ketertarikan dan minat yang tinggi terhadap industri fashion.

Memulai bisnis sebagai reseller online tidak terlalu sulit, namun Anda memerlukan dedikasi serta waktu yang tidak sedikit.

Sebagian besar orang memulai bisnis yang satu ini sebagai usaha sampingan diluar usaha utama yang sudah dijalankan.

Saat ini pun sudah begitu banyak website ataupun layanan yang lebih memudahkan Anda untuk bisa mulai berjualan sebagai reseller online.

Bisnis FnB 

Bisnis FnB mulai dari makanan hingga minuman menjadi bisnis yang memiliki peluang yang tinggi dari waktu ke waktu.

Faktanya menurut data yang dikemukakan oleh Media Indonesia, bisnis makanan adalah salah satu bisnis yang stabil dan maju di kala pandemi.

Tentu saja ini dikarenakan kemampuan para pengusaha untuk beradaptasi terhadap berbagai perubahan teknologi.

Berikut adalah bisnis-bisnis yang patut sobat coba! 

8. Coffee Shop 

Bisnis yang satu ini sangat dipengaruhi oleh tempat dan kualitas. Biasanya jika Anda memilih tempat yang tergolong strategis dan memang sering dijadikan lokasi untuk nongkrong.

Maka, coffee shop yang Anda miliki ini bisa membawa keuntungan paling sedikit Rp 1 juta setiap harinya. 

Hal yang wajib diperhatikan saat memiliki coffee shop adalah desain interior hingga keragaman menu yang ada pada kedai kopi yang dimiliki.

Jangan lupa jadikan coffee shop Anda menjadi tempat yang nyaman untuk dijadikan tempat bersantai ataupun fokus. Pencahayaan dan interior yang simpel sebenarnya sudah menjadi kunci utama.

9. Usaha Catering 

Catering adalah bisnis yang tergolong menguntungkan untuk dilakukan apalagi jika Anda adalah ibu rumah tangga. Usaha catering menjadi bisnis yang menjanjikan jika dikelola dengan tim.

Bisnis ini memang harus dikelola dengan teliti dan tidak bisa sembarangan. 

Makanan adalah kebutuhan primer setiap orang, jadi berbisnis dalam sektor makanan tentu menjadi bisnis yang menjanjikan untuk dikelola dengan baik sejak awal.

Usaha catering ini memang memiliki banyak jenisnya, bisa dimulai dari catering makanan sehat hingga penyediaan makanan pada acara khusus.

10. Frozen Food

Pasti sobat sudah tidak asing dengan bisnis ini. Dengan adanya integrasi industri bisnis makanan dengan digital, ini membuat bisnis makanan dapat berkembang pesat secara penjualan.

Era digital saat ini nyatanya membuktikan pasar dan masyarakat bahwa bisnis makanan memiliki potensi pesat untuk berkembang dengan bantuan digitalisasi

Bicara makanan, inovasi yang bisa kita kembangkan dengan baik salah satunya adalah frozen food. Snack beku seperti ini ringan dikonsumsi juga ringan di kantong. Berjualan snack beku ini juga tentunya dapat menghasilkan profit yang tinggi. 

11. Kedai Makanan 

Membuka kedai makanan juga bisa menjadi bisnis yang menjanjikan untuk kedepannya karena ini adalah kebutuhan primer setiap orang.

Untuk sukses dalam bisnis ini hal yang perlu diperhatikan adalah lokasi, rasa dan kebersihan. Sama halnya dengan branding dan reputasi dari rumah makan yang dijalankan.

Paling tidak menganalisa dengan baik potensi menu yang dapat Anda kembangkan dengan baik. 

Sumber: