Mitos atau Fakta, Jerawatan Nggak Boleh Pake Make-up?

Mitos atau Fakta, Jerawatan Nggak Boleh Pake Make-up?

IST/CE dr. Richard Lee, MARS (tangkapan layar channel youtube dr. Richard Lee, MARS)--

HEALTH - Pernahkah kalian mendengar argumen bahwa kulit yang berjerawat ketika memakai makeup akan bertambah parah? 

 

Lalu, apakah argumen tersebut fakta? atau hanya mitos belaka?

 

Dikutip dari salah satu konten di channel youtube dr. Richard Lee, MARS yang diunggah 10 Januari 2023 yang saat ini sudah ditonton hampir delapan ribu views.

Dalam konten tersebut dibahas secara tuntas soal pemakaian makeup yang memperparah jerawat.

BACA JUGA:Candu Rokok, Pengaruhi Kesuburan Laki-Laki Loh!

BACA JUGA:Penting! Sebelum Memilih Skincare, Apa Saja Kandungan yang Perlu di Hindari?

 

"Saya akan jawab dulu secara jurnal, secara jurnal sebenarnya tidak ada hubungan antara jerawatan dan make up secara langsung. Saya kasih bukti ya, Jadi ada teman saya ini sering pakai makeup, pakai make up terus tebel banget dan enggak pernah pakai jerawat-jerawatan, enggak pernah ada yang jerawatan. Ada juga orang yang enggak pernah pakai makeup tapi jerawatan. Contohnya temen saya waktu di SMP SMA. Cowok nih yang enggak pernah pakai makeup, enggak pernah pakai skincare, jangankan itu, sabun aja jangan pakai tapi dia jerawatan," ungkap Richard.

 

Mitos ini selalu dibawa kemana-mana, termasuk argumen yang menyatakan bahwa ketika jerawat kalau pakai makeup pori-pori bisa membesar.

"Sebenarnya nggak juga ya, makeup tidak bisa menyebabkan jerawat secara langsung. Nah ada beberapa kondisi makeup yang bisa memperparah timbulnya jerawat atau bisa mencetuskan timbulnya jerawat," jelas Richard.

 

Sumber: