10 Pekerjaan Menjanjikan untuk Lulusan Jurusan Komunikasi

10 Pekerjaan Menjanjikan untuk Lulusan Jurusan Komunikasi

ILUSTRASI/NET Pekerjaan Menjanjikan untuk Lulusan Jurusan Komunikasi (sumber foto by google, 06/03/23)--

NASIONAL, CURUPEKSPRESS.COM - Jurusan komunikasi merupakan salah satu jurusan yang banyak diminati oleh mahasiswa di Indonesia.

Jurusan ini menawarkan berbagai macam ilmu dan keterampilan yang berkaitan dengan komunikasi antar individu atau kelompok, baik melalui media massa, media sosial, ataupun komunikasi interpersonal.

Lalu, apa saja pekerjaan yang bisa dilakukan oleh lulusan jurusan komunikasi? Berikut adalah beberapa pekerjaan yang bisa diambil oleh lulusan jurusan komunikasi:

  • Public Relations (PR)

Pekerjaan di bidang public relations (PR) meliputi mengelola hubungan antara sebuah perusahaan atau organisasi dengan masyarakat luas.

Tugasnya antara lain membangun citra positif, mengatasi masalah komunikasi, dan menyebarluaskan informasi atau kampanye perusahaan.

Dalam pekerjaan ini, lulusan jurusan komunikasi bisa mengambil peran sebagai Public Relations Officer, Public Relations Manager, atau Public Relations Specialist.

  • Jurnalis atau wartawan

Lulusan jurusan komunikasi bisa menjadi jurnalis atau wartawan di media massa seperti surat kabar, majalah, atau portal berita online.

Tugasnya adalah menulis berita, melakukan wawancara, dan mencari informasi terkini yang berkaitan dengan topik tertentu.

Lulusan jurusan komunikasi bisa mengambil peran sebagai reporter, editor, atau koresponden.

  • Marketing

Pekerjaan di bidang marketing meliputi mengelola produk atau jasa agar terlihat menarik di mata konsumen.

Tugasnya antara lain merancang strategi pemasaran, membuat iklan, dan melakukan riset pasar.

Dalam pekerjaan ini, lulusan jurusan komunikasi bisa mengambil peran sebagai Marketing Manager, Marketing Communication Specialist, atau Digital Marketing Specialist.

  • Manajer acara atau event organizer

Lulusan jurusan komunikasi juga bisa menjadi manajer acara atau event organizer yang bertanggung jawab atas perencanaan, pengorganisasian, dan pelaksanaan sebuah acara atau kegiatan tertentu, seperti konser musik, seminar, atau konferensi.

Dalam pekerjaan ini, lulusan jurusan komunikasi bisa mengambil peran sebagai Event Manager, Event Coordinator, atau Exhibition Organizer.

  • Media Planner

Sumber: