Miris.. Minim Dukungan Anggaran, Puluhan Perpusdes Tak Aktif

Miris.. Minim Dukungan Anggaran, Puluhan Perpusdes Tak Aktif

Dok/CE Perpusda di Kabupaten Lebong.--

LEBONG, CURUPEKSPRESS.COM – Dinas Perpustakaan Daerah (Perpusda) LEBONG mencatat saat ini ada 67 Perpustakaan Desa (Perpusdes) di wilayah tersebut yang belum sepenuhnya aktif secara maksimal.

Selain disebabkan minimnya dukungan anggaran, itu juga terjadi akibat minimnya sumber daya manusia untuk mengelola perpustakaan desa. Hal ini disampaikan Plt kepala Dinas Perpusda, Jaswidodo S Sos.

“Dari 93 desa di Kabupaten Lebong tercatat hanya ada 67 desa saja yang telah memiliki perpusdes. Namun dari jumlah tersebut belum sepenuhnya aktif karena minimnya pengelolaan dari Pemdes setempat,” katanya.

Menurut Jaswidodo, dukungan dari pemerintah desa untuk mengembangkan perpusdes memang sangat dibutuhkan.

BACA JUGA:

Ia mendorong perpusdes di setiap desa harus mampu menjalankan usahanya sendiri, tanpa bergantung pada pemerintah.

Terlebih menurutnya Keberadaan perpusdes itu sendiri merupakan amanat yang tertuang dalam Peraturan Menteri Desa dan Pengembangan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 19 Tahun 2017 tentang Penetapan Prioritas Pembangunan Dana Desa.

“Melalui aturan ini, sebenarnya dana desa (DD) bisa dialokasikan untuk pengembangan perpusdes. Jadi, tidak ada alasan lagi bagi pemerintah desa untuk tidak mengalokasikan anggaran untuk itu,” ungkapnya.

Dengan demikian, ia berharap kepada Pemerintah Desa tersebut dapat berkomitmen dan membantu meningkatkan perpustakaan agar dapat lebih maju dan berkembang, ditangah-tengah masyarakat.

“Terkhusunya kepada Kades, kami berharap agar dapat memajukan masing-masing Perpusdesnya. Sehingga kedepan Perpusdes ini bisa lebih aktif lagi sehingga dapat  mengajak minat warga untuk sering membaca diperpustakaan tersebut,” singkatnya.

BACA JUGA:

Sumber: