Catat!! Sekda Minta OPD Gesit Serap Anggaran

Catat!! Sekda Minta OPD Gesit Serap Anggaran

IST/CE Apel bersama ASN Setda Rejang Lebong, pagi kemarin.--

REJANG LEBONG, CURUPEKSPRESS.COM - Jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Sekretariat Daerah Pemkab REJANG LEBONG, kembali menggelar apel bersama yang rutin dilaksanakan setiap bulan.

Apel bersama yang diikuti oleh puluhan ASN tersebut terlaksana di Lapangan Kantor Pemkab Rejang Lebong, Senin (19/6) pagi kemarin.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Rejang Lebong, Yusran Fauzi ST mengatakan, saat ini bakal memasuki semester ke II, oleh karenanya diimbau kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di ruang lingkup Pemkab untuk segera mengejar target capaian penyerapan anggaran.

BACA JUGA:

"Dalam apel bersama pagi ini kami hanya mengulas kembali, berdasarkan hasil rapat Tim Evaluasi dan Pengawasan Realisasi Anggaran (TEPRA) beberapa hari lalu, itu masih banyak OPD kita yang serapan anggarannya jauh dari target. Sehingga berkaitan dengan itu, kami ingatkan dan imbau kembali agar lebih gesit," jelasnya.

Sekda melanjutkan, dimana tercatat ada 27 OPD yang mendapat raport merah dan di warning.

Bahkan terdapat 2 OPD yang masih 0 serapannya, bukan karena tidak menyerap, melainkan terlambat menyampaikan/menginput laporan di sistem, sehingga di anggap nol.

Ditegaskannya, jika hingga tanggal 12 Juli 2023 mendatang khususnya pemanfaatan Dana Alokasi Khusus (DAK), masih juga terdapat OPD belum melakukan penyerapan dan pelaporan maka besar kemungkinan bisa terjadi gagal salur.

BACA JUGA:

"Oleh karena itu, dengan sisa waktu yang masih tersisa ini OPD harus lebih cepat jangan sampai dana itu tidal terserap," ujarnya.

Selain itu, Sekda juga berharap kepada OPD-OPD agar segera membuat laporan dari kegiatan dengan sudah dilakukan pada HUT Kota Curup tahun 2023 beberapa waktu lalu.

"Bagi OPD yang melaksanakan kegiatan di HUT Kota Curup tahun ini segera membuat laporan untuk hasil evaluasi," bebernya.

Masih dikatakan Sekda, dalam waktu yang sudah sangat dekat ini Dinas PMD akan menyelenggarakan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak yang diikuti sebanyak 66 desa dalam Kabupaten Rejang Lebong.

"Dengan demikian, kami harapkan seluruh OPD bersama-sama ikut serta membangun Pilkades itu dengan lancar, aman dan kondusif," tandasnya.

Sumber: