Ini Penyebab Daging Sapi dan Ayam Mahal

Ini Penyebab Daging Sapi dan Ayam Mahal

DOK/CE Pedagang pangan di Pasar Atas Curup.--

REJANG LEBONG, CURUPEKSPRESS.COM - Terkait harga daging sapi dan daging ayam mahal ternyata ada pada stok dan pakan.

Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Rejang Lebong mengungkapkan, bahwa penyebab daging sapi naik ini pengaruh dari permintaan sapi di hari raya Idhul Adha lalu banyak, sehingga stok di Rejang Lebong berkurang/tidak mencukupi yang pada akhirnya membeli sapi dari luar daerah.

"Berdasarkan analisis kami di pasar mengapa harga daging sapi mahal, ini karena kebutuhan saat hari raya kurban kemarin tinggi, sehingga stok berkurang dan harus membeli dari luar," ungkap Kabid Ketersediaan dan Kerawanan Pangan, Agustianto SSos.

Lebih lanjut dirinya mengatakan, adapun untuk  harga daging ayam yang juga alami kenaikan karena pengaruh dari harga pakannya yang diketahui naik.

BACA JUGA:

Terutama harga pakan jagung yang naik cukup tinggi jika dibandingkan dengan bulan lalu.

"Untuk daging ayam sendiri naik karena pakannya alami kenaikan harga yang lumayan, jadi harga daging pun akan disesuaikan dengan biaya pemeliharaannya," beber Agus.

Selanjutnya harga cabai merah, Agus menjelaskan, untuk di Rejang Lebong masa panen cabai saat ini guyur berkurang jumlahnya. Ini dikarenakan pada bulan Mei dan Juni lalu masa panen serentak petani cabai.

"Masa panen serentak cabai di daerah kita ini terjadi di bulan Mei dan Juni kemarin, jadi produksi cabai di tingkat petani di posisi sekarang jelas sudah berkurang. Sementara jumlah permintaan di pasar dan masyarakat tetap sama," jelasnya.

Bahkan menurut dia, untuk harga cabai ini diprediksi masih akan terus mengalami kenaikan, mengingat jumlah produksi di petani berkurang.

BACA JUGA:

Diberitakan sebelumnya, beberapa harga kebutuhan pokok alias pangan di Rejang Lebong pasca perayaan Idul Adha tahun 2023, masih mengalami kenaikan harga.

Seperti halnya yang terjadi pada harga daging sapi yang saat ini tembus di harga Rp 140 ribu/kilogram dan daging ayam mencapai Rp 42 ribu/kilogram.

Lanjutnya, dimana harga sebelumnya untuk daging sapi ada diangka Rp 135 ribu/kilogram dan daging ayam Rp 38 ribu/kilogram.

Sumber: