Kandungan Zat Besi dalam Air Ternyata Bisa Berbahaya

Kandungan Zat Besi dalam Air Ternyata Bisa Berbahaya

--

HEALTH, CURUPEKSPRESS.COM - Zat besi merupakan mineral yang diperlukan tubuh, terutama untuk pembentukan sel darah merah.

Pasien anemia disarankan untuk mengonsumsi sumber zat besi secara teratur untuk meningkatkan produksi sel darah merah.

Ciri-ciri air besi tinggi adalah jernih sesaat ketika dipompa, tetapi lama kelamaan berubah menjadi kuning, berbau (biasanya berbau besi atau tanah), dan airnya sedikit licin. Tes laboratorium dapat dilakukan untuk mengetahui angka pastinya.

Zat besi (Fe) adalah salah satu elemen yang dapat ditemui hampir pada setiap tempat di bumi, pada semua lapisan geologis dan semua badan air. Pada umumnya Zat besi yang ada di dalam air dapat bersifat terlarut.

Kandungan ion Fe pada air sumur bor bisa berkisar antara 5 – 7 mg/L. Sedangkan standar kandungan zat besi air bersih berdasarkan Permenkes RI : No. 416/Menkes/Per/IX/1990 maksimal 1,0 mg/L. Tinggi-rendahnya kandungan Fe ini sangat dipengaruhi oleh kondisi struktur tanah.

Konsumsi zat besi memang sangat dianjurkan, namun ternyata kandungan tersebut dalam air justru berbahaya bagi kesehatan. Mengapa demikian?

 

BACA JUGA:

 

1.Air mengandung mikrobia menimbulkan penyakit jika dikonsumsi

2.Air berminyak sangat tidak nyaman untuk kebutuhan sehari hari

3.Mengandung zat kapur, menimbulkan bercak bercak putih jika digunakan untuk kebutuhan sehari hari dan berbahaya jika dikonsumsi

4.Air berlogam berbahaya bagi ginjal bila dikonsumsi dan menimbulkan karat pada kendaraan jika dibuat untuk mencuci kendaraan dan menimbulkan bercak kuning pada baju putih yang dicuci

 

Sumber: