Trik Efektif Menghemat Pengeluaran agar Terhindar dari Gaya Hidup Boros

Trik Efektif Menghemat Pengeluaran agar Terhindar dari Gaya Hidup Boros

ILUSTRASI/NET --

NASIONAL, CURUPEKSPRESS.COM - Hedonisme memang tak bisa lepas dari kehidupan masyarakat modern, khususnya yang tinggal di kota-kota besar. Rasanya selalu ada saja tren baru yang patut diikuti agar tidak ketinggalan zaman.

Padahal, sebenarnya Anda tidak harus senantiasa mengikuti tren atau gaya hidup teman agar dianggap keren.

Apakah Anda kerap menjalani gaya hidup konsumtif sehingga tabungan menipis atau bahkan tidak ada sama sekali?

Jika iya, maka mulai sekarang sebaiknya Anda mengubah gaya hidup berkonsep hedonisme tersebut. Sudah saatnya Anda berhemat supaya punya tabungan yang memadai untuk persiapan masa depan.

Menjalani gaya hidup hemat lebih mudah bila Anda melakukan beberapa trik sebagai berikut, misalnya menggunakan beragam perabotan dari Zojirushi Indonesia agar tidak selalu membeli kebutuhan sehari-hari.

 

Mencatat Pemasukan dan Pengeluaran Setiap Bulan

Upaya hidup hemat harus dimulai dengan mencatat pemasukan dan pengeluaran bulanan. Catatan tersebut tidak hanya memuat perincian tentang kondisi keuangan pribadi maupun keluarga, tetapi juga memudahkan Anda mengidentifikasi hal-hal yang menyebabkan boros.

Misalnya, catatan anggaran menunjukkan bahwa pengeluaran ekstra Anda berasal dari kebiasaan jajan dan merokok. Berarti hal tersebut membuat Anda harus lekas berupaya mengurangi konsumsi rokok dan jajan di luar.

BACA JUGA:

Mencatat Daftar Belanja

Pemborosan juga kerap terjadi bila Anda pergi berbelanja tanpa membuat catatan barang-barang yang ingin dibeli. Walaupun terkesan sederhana, kebiasaan buruk ini bisa membuat Anda lupa membeli barang-barang kebutuhan pokok lalu tergoda membeli barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan.

Cobalah meluangkan waktu sesaat sebelum belanja untuk mencatat barang yang wajib Anda beli.

Kemudian, periksalah catatan tersebut secara teliti untuk memastikan tak ada yang tertinggal.

Sumber: