1 Jemaah Haji Kepahiang Tertinggal di Madinah, Ini Sebabnya...

1 Jemaah Haji Kepahiang Tertinggal di Madinah, Ini Sebabnya...

IST/CE Bupati saat menyerahkan sertifikat haji kepada JH secara simbolis.--

KEPAHIANG, CURUPEKSPRESS.COM - Dari 111 Jemaah Haji (JH) Kepahiang yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 8 embarkasi Padang.

Terdapat 2 orang JH diantaranya yakni H Rusli Siin Alam Sari dan H Bakrin Dulamid Saharia meninggal saat menjalankan ibadah haji, dan dikuburkan di Mekah. Sedangkan satu orang JH Kepahiang bernama Hj Netty Rukmini Aidil warga Permu Kepahiang, terpaksa harus tinggal di Madinah untuk sementara waktu.

Kepala Kantor (Kakan) Kementerian Agama (Kemenag) Kepahiang Drs Albahri MSi melalui Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Zulfakar Alamsyah SAg mengatakan, ibu Netty terpaksa tinggal di Madinah dikarenakan saat ini dalam keadaan sakit jantung, dan harus mendapatkan perawatan di Arab Saudi. Sehingga yang bersangkutan tidak bisa bergabung dengan kloter 8 untuk kepulangannya tadi.

"Hanya 108 JH yang malam tadi pulang ke Kepahiang, 2 orang meninggal di Mekkah, sati JH lainnya harus dirawat di Madinah terlebih dahulu," ujar Zulfakar.

Dikatakan Zulfakar, sesuai dengan yang dijadwalkan ibu Netty akan pulang bersama JH kloter 9 yang ada di Provinsi Bengkulu, dan dijadwalkan akan pulang malam ini. Hanya saja jika memang kondisi yang bersangkutan membaik. Namun jika tidak, yang bersangkutan akan dirawat inap terlebih dahulu di Rumah Sakit Kota Madinah.

BACA JUGA:

"Mudah-mudahan ibu Netty lekas pulih, dan malam nanti bisa pulang ke Kepahiang bersama kloter 9," sampai Zulfakar.

Sementara itu untuk 17 orang JH tambahan asal Kepahiang kemarin. Dijadwalkan baru akan pulang ke Tanah Air pada tanggal 2 Agustus mendatang. Dimana dikatakan Zulfakar, saat ini 17 JH tersebut baru sampai di Madinah setelah menyelesaikan Tawaf Wada.

"Sesuai dengan yang terjadwal, JH tambahan asal Kepahiang baru akan pulang seminggu lagi, karena saat ini baru sampai di Madinah," singkat Zulfakar.

Untuk diketahui, saat ini sedang dilaksanakan pengembalian koper dan pembagian sertifikat haji di Kantor Kemenag Kepahiang.

Sebelumnya jemaah haji kabupaten Kepahiang yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 8 sudah tiba di masjid Agung Baitul Hikmah Kepahiang pada Selasa (25/7) sekitar pukul 02.30 WIB dini hari.

Kepulangan JH Kepahiang tersebut disambut langsung oleh Bupati Kepahiang Dr Ir Hidayattullah Sjahid MM IPU dan juga Wabup Kepahiang H Zurdi Nata SIp beserta jajaran kepala OPD.

BACA JUGA:

Sumber: