Pulau Kofiau Raja Ampat Habitat Burung Endemik Indonesia

Pulau Kofiau Raja Ampat Habitat Burung Endemik Indonesia

Net. Indahnya Alam Bawah Laut Pulau Kofiau--

NASIONAL, CURUPEKSPRESS.COM - Adalagi salah satu destinasi wisata yang wajib anda kunjungi jika berkunjung ke Raja Ampat Papua, yakni destinasi wisata Pulau Kofiau Raja Ampat yang menjadi habitat burung endemik Indonesia.

Adapun burung Kofiau Monarch atau Kofiau Kahicap dan burung Paradise Kingfisher atau Cekakak Pita Kofiau. Kedua burung endemik tersebut tinggal di hutan rendah Pulau Kofiau, sehingga anda bisa melihat langsung keindahan ragam satwa yang ada dilokasi tersebut.

Buka hanya itu saja pulau yang satu ini juga memiliki keanekaragaman terumbu karang yang disebut-sebut terbanyak di dunia.

Alam bawah laut Pulau Kofiau, anda dapat menyaksikan warna-warni terumbu karang dan ikannya dengan snorkeling dan diving.

BACA JUGA:

Dengan kata lain anda mengunjungi pulau yang satu ini sama dengan melihat surga bawah laut yang berada di Indonesia bagian timur yang keindahannya tak perlu diragukan lagi. 

Selain keindahan bawah laut Pulau Kofiau juga memiliki sejumlah sejarah, salah satunya, pulau ini mendapatkan nama Kofiau dari cerita rakyat setempat mengenai kopiah Raja Jailolo yang tertinggal di pulau besar ini.

Pulau ini menyimpan sejarah peradaban salah satu suku laut di Indonesia, di samping menyimpan keindahan alam yang luar biasa. Suku tersebut adalah suku Betew.

Suku ini tinggal di pinggir pantai dan mengambil ikan dari laut secukupnya untuk pemenuhan kehidupan sehari-hari.

Pulau Kofiau sendiri merupakan sebuah distrik yang termasuk dalam wilayah Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat yang berisikan empat kampung yakni Deer, Dibalal, Mikiran, dan Toloby dengan luas 170.000 Ha.

Pulau ini sendiri merupakan pulau yang terdiri dari tebing batu kapur koral (coral limestone) dan jejeran bukit vulkanik yang diselimuti oleh hamparan hutan rendah.

Untuk kesini pengunjung harus harus terbang menuju Sorong yang dilanjutkan dengan menaiki kapal pinisi atau menyewa perahu Menuju Pulau Kofiau.

Sumber: