Bansos Ini Cair Agustus, Begini Cara Cek Apakah Kamu Termasuk Sebagai Penerima

Bansos Ini Cair Agustus, Begini Cara Cek Apakah Kamu Termasuk Sebagai Penerima

ILUSTRASI/CE Cara cek bansos--

NASIONAL, CURUPEKSPRESS.COM - Lima jenis bantuan sosial (Bansos) di pastikan cair dalam waktu dekat. Adapun 5 bansos tersebut diantaranya Program Indonesia Pintar (PIP), Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa, Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Program Keluarga Harapan (PKH) hingga Kartu Indonesia Sehat (KIS). 

Kabar terbaru, jika data penerima bantuan telah diperbarui oleh Kementerian Sosial (Kemensos) dan mereka yang menerima harus masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Lalu, bagaimana caranya untuk mengecek apakah namamu terdaftar sebagai penerima bantuan ini ?

Sebelum kesitu, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu 5 bansos yang bakal cair dan peruntukannya. Adapun 5 jenis bansos tersebut, diantaranya :

1. PIP

PROGRAM Indonesia Pintar atau PIP merupakan bantuan berupa uang tunai, perluasan akses dan kesempatan belajar dari pemerintah yang kemudian diberikan kepada peserta didik dan mahasiswa. Penerima bantuan ini mereka yang berasal dari keluarga miskin atau rentan miskin untuk membiayai pendidikan.

Penerima bantuan mereka yang terdaftar dalam Data Kesejahteraan Sosial Terpadu (DTKS) dan aktif bersekolah di sekolah formal. Penerima bantuan ini bervariasi dan sesuai dengan jenjang pendidikannya. Mulai dari Rp 450 Ribu hingga Rp 1 Juta pertahun untuk setiap siswa penerima bantuan. 

2. PKH

PKH ini atau Program Keluarga Harapan atau merupakan program pemberian bansos bersyarat kepada keluarga miskin. Penerima bantuan jenis ini tidak dilakukan sembarangan, karena harus terdaftar dan ditetapkan sebagai KPM PKH. Program ini juga sebagai upaya percepatan penanggulangan kemiskinan di Indonesia. 

Untuk jenis bansos ini, juga disesuaikan dengan komponen yang ada di dalam penerima manfaat. Terutama pada komponen anak sekolah yang terdaftar dalam data pokok pendidikan atau Dapodik dan EMIS. 

BACA JUGA:

3. BLT Dana Desa

BLT Dana Desa (BLT-DD) atau Bantuan Langsung Tunai (BLT) kemiskinan ekstrem ini besarannya Rp 300 Ribu perbulan. Penerima bantuan mulai dari lansia, mereka yang memiliki penyakit menahun, keluarga non job hingga mereka yang dikategorikan sebagai kalangan disabilitas. 

4.KIS

Sumber: