Selain Keindahannya, Ada Kisah Menarik Di Balik Danau Tes Lebong

Selain Keindahannya, Ada Kisah Menarik Di Balik Danau Tes Lebong

Adit/CE Danau Tes Kabupaten Lebong--

Sudah 3 kali para tokoh-tokoh masyarakat datang namun dia tidak pernah percaya hingga sang tetua desa sendirilah yang datang menemuinya, akhirnya dia berkata kalau dia percaya bahwa anaknya telah meninggal dunia.

Setelah tamu-tamu tersebut pergi, si pahit lidah kemudian berpikir, kalau anaknya pasti masih hidup, akan tetapi mungkin sekarang telah meninggal karena ucapannya tadi.

Mengingat itupun dia menjadi sangat marah dan mencangkul tanah garapannya tadi dengan kuat, lalu membuang tanah tersebut ke aliran sungai Air Ketahun.

Saat dia pulang ke desanya, dia mendapati bahwa anak satu-satunya telah pergi dari dunia ini. Aliran Sungai Air Ketahun yang terhambat tanah garapan inilah yang pada akhirnya melebar sehingga membentuk sebuah danau yang diberi nama Danau Tes ini.

 

Mitos Ular Kepala Tujuh

 

Konon katanya di danau Tes juga ada mitos yang menyebutkan jika terdapat sesosok makhluk yang menunggu danau tersebut yaitu ular berkepala tujuh, siapapun yang bertemu dan melihat ular tersebut akan menemui ajal seketika.

Terlepas dari berbagai cerita dan mitos berkembang di masyarakat, Danau Tes adalah potensi wisata yang sangat baik untuk dikembangkan.

BACA JUGA:

 

Sumber: