Ribu Masyarakat Masih Tergolong Miskin, Angka Pengangguran Tinggi 20,7

Ribu Masyarakat Masih Tergolong Miskin,  Angka Pengangguran Tinggi  20,7

H Zurdi Nata SIp--

KEPAHIANG, CURUPEKSPRESS.COM - Lantaran angka pengangguran di Kabupaten Kepahiang masih terbilang tinggi, jumlah masyarakat miskin di Kabupaten Kepahiang juga masih cukup banyak.

Dimana dari data yang terhimpun, ada sebanyak 20,7 ribu masyarakat Kabupaten Kepahiang yang masuk dalam katagori Miskin, atau 14.53 persen dari jumlah keseluruhan masyarakat Kabupaten Kepahiang.

Wakil Bupati (Wabup) Kepahiang H Zurdi Nata SIp mengatakan, memang tingkat kemiskinan di Kabupaten Kepahiang terbilang cukup tinggi. Hanya saja masih perlu disyukuri, dibanding dengan Kabupaten lain, tingkat kemiskinan di Kabupaten Kepahiang terbilang kecil. 

"Kita sadari memang masib banyak masyarakat Kepahiang yang masih tergolong miskin. Namun jika di banding Kota dan Kabupaten lain, kita itu masih terbilang sedikit jumlah penduduk Miskinnya," ujar Wabup. 

Diterangkan Wabup, tingkat kemiskinan di Kabupaten Kepahiang ini memang ada korelasinya dengan tingginya tingkat pengangguran di Kabupaten Kepahiang.

Dimana dari data yang terhimpun, saat ini ada sebanyak 18.630 penduduk Kabupaten Kepahiang saat tidak memiliki pekerjaan atau masuk dalam kategori pengangguran berdasarkan data Badan Pusat Statistik Provinsi Bengkulu. Dan jumlah masyarakat pengangguran itu terbagi dua golongan, pertama orang tidak miskin tapi tidak bekerja sebanyak 5.690 orang, dan orang miskin tidak bekerja sebanyak, 12.940 orang.

"Tak bisa kita pungkiri, sedikitnya lapangan pekerjaan yang ada. Akan memperbesar angka pengangguran di Kepahiang. Sehingga dari pengangguran, bisa menyebabkan masyarakat menjadi miskin.

Karena nya untuk menurunkan angka kemiskinan, kita terlebih dahulu harus menurunkan angka pengangguran yang ada," terang Wabup.

Lebih lanjut dikatakan Wabup, dengan kondisi yang terjadi saat ini. Memang sangat sulit untuk mencarikan lapangan pekerjaan untuk masyarakat yang tidak bekerja, hal ini karena Kabupaten Kepahiang bukan Kabupaten yang bergerak di bidang Industri.

Meski demikian dikatakannya, Pemkab Kepahiang tetap akan berupaya mencari solusi untuk menekan angka pengangguran yang ada.

BACA JUGA:

"Mayoritas masyarakat kita di Kepahiang ini adalah petani. Dan juga tidak ada pabrik atupun industri dan usaha lainnya yang ada di Kepahiang. Sehingga kami Oe.kab Kepahiang masih mencari solusi untuk mengatasi hal tersebut," jelasnya.

Sementara itu dikatakan Wabup, satu-satunya yang harus diadakan memang jalan tol penghubung. Karena jika ada tol tambah Wabup, kemungkinan besar Kabupaten Kepahiang nanti dapat dilirik oleh para investor yang tertarik mendirikan pabrik dan lainnya.

"Harapan kita itu cuma satu, pembangunan tol bisa berlanjut. Kalau  sudah ada, akses bisa lancar, barulah nanti ada perusahaan yang mau berdiri di Kepahiang," tutupnya.

Sumber: