Wagub Ajak Semua Stakeholder Tekan Kemiskinan

Wagub Ajak Semua Stakeholder Tekan Kemiskinan

JACK/CE Wabup bersama dengan Wagub saat kunjungannya ke Kabupaten Kepahiang Selasa (13/9)--

KEPAHIANG, CURUPEKSPRESS.COM  - Wakil Gubernur (Wagub) Bengkulu Dr H Rosjhonsyah, yang juga selaku Ketua Percepatan Penanggulangan Kemiskinan Provinsi Bengkulu, mengajak semua elemen masyarakat khususnya stakeholder pemerintahan di Kabupaten Kepahiang mulai dari tingkat desa sampai dengan Kabupaten untuk bersinergi mengentaskan angka kemiskinan di Kabupaten Kepahiang yang dinilainya masih cukup tinggi diatas rata-rata.

Dimana sampai Rosjhonsyah dalam kunjungannya ke Kepahiang Selasa 12 September kemarin, angka kemiskinan di Kabupaten Kepahiang sampai saat ini masih berada diangka 14,90 persen.

BACA JUGA:Soal Jembatan Putus, Bupati Sudah Lapor ke Pemprov

BACA JUGA:Bupati Minta Baznas Lebih Profesional, Tingkatkan Kepercayaan Umat

"Bicara pengentasan kemiskinan, tidak hanya bisa dilakukan oleh pemerintah provinsi dan kabupaten saja, tapi juga harus mulai dilakukan dari tingkat bawah dalam hal ini dari desa dan atau kelurahan," sebut wagub.

Dijelaskannya, peran pemerintahan desa dalam upaya mengurangi angka kemiskinan disetiap daerah dengan memberikan data yang akurat dan benar atas data penduduk dimasing-masing desa/kelurahan, yang menjadi data dan dasar bagi pemerintah kabupaten dan provinsi dalam mencarikan strategi dan kebijakan untuk menentukan program.

Karena sejauh ini tegas wagub masih banyak data penduduk miskin yang disajikan belum menunjukkan akurasi.

BACA JUGA:AKREL Gelar PKKMB, Kuliah Umum dan Kedisiplinan

BACA JUGA:Bupati Pastikan 2023 Tidak Ada Kenaikan Gaji

"Contoh saja masih banyak warga yang mampu tapi mendapatkan program bantuan-bantuan sosial yang seharusnya diperuntukkan bagi warga miskin. Dan sebaliknya warga miskin yang tidak mendapatkan bantuan sosial," ujarnya

Karenanya tegas wagub, keberadaan tim percepatan penanggulangan kemiskinan yang juga dibantu tim kecil ditingkat desa, diharapkannya dapat memberikan data yang akurat dan benar.

"Kami sebagai ketua percepatan pengentasan  kemiskinan, mencoba untuk berkolaborasi dengan tim desa, kami akan turun langsung melakukan pendataan dan pengawasan sehingga akan dapat data akurat," ujarnya.

BACA JUGA:4 Penambang Emas Meregang Nyawa, Polisi Lidik Pemilik Tambang

BACA JUGA:Cairr... BLT Subsidi BBM Wilayah Lebong Mulai Disalurkan

Selain data yang akurat, pemerataan bantuan sosial baik dari pusar, provinsi dan juga kabupaten, peningkatan pembangunan infrastruktur diharapkan wagub juga akan dapat mengurangi angka kemiskinan di setiap daerah yang ada di Bengkulu termasuk di Kabupaten Kepahiang.

Kunjungan Wagub Bengkulu ke Kabupaten Kepahiang kemarin, disambut langsung Wakil Bupati Kepahiang H Zurdi Nata SIP dan seluruh pimpinan OPD dilingkungan Pemkab Kepahiang yang berlangsung di kediaman dinas Bupati Kepahiang.

Sumber: