Waspada, Gejala Vertigo yang Paling Sering Dirasakan. Beda dengan Sakit Kepala Biasa

Waspada, Gejala Vertigo yang Paling Sering Dirasakan. Beda dengan Sakit Kepala Biasa

ILUSTRASI/NET --

NASIONAL, CURUPEKSPRESS.COM - Kata pusing tentu sudah tidak asing lagi bagi Anda, dan sering Anda dengar.

Vertigo adalah kondisi di mana pasien merasa pusing dan melihat dirinya dan lingkungannya berputar. Meski demikian, Vertigo bukanlah penyakit kronis atau berbahaya. 

Apakah pusing bisa disembuhkan? Penyebab vertigo berulang atau universal antara lain penggunaan obat-obatan, infeksi telinga bagian dalam, penyakit Parkinson, efek diabetes, dan penyebab pusing yang tiba-tiba seperti perubahan posisi kepala yang tiba-tiba.

Orang yang memiliki kebiasaan yang sering menyebabkan pusing, seperti merokok atau mengonsumsi minuman beralkohol, juga lebih mungkin mengalami pusing. 

Ada banyak penyakit dan gangguan kesehatan yang menampilkan pusing sebagai salah satu gejalanya. Ini biasanya masalah telinga bagian dalam atau ketidakseimbangan sistem saraf pusat seperti:

 

1. Benign Paroxysmal Positional Vertigo (BPPV)

Telinga bagian dalam mengandung struktur yang disebut organ otolitik yang diisi dengan partikel kalsium karbonat cair dan kristal.

Pada vertigo posisional paroksismal jinak (BPPV), kristal ini pecah dan jatuh ke dalam kanal setengah lingkaran.

 

2. Kolesteatoma

Benjolan kulit jinak ini biasanya terbentuk di telinga tengah akibat infeksi berulang.

Tumbuh di belakang gendang telinga dan dapat merusak struktur tulang telinga tengah, menyebabkan gangguan pendengaran dan pusing.

BACA JUGA:

Sumber: