Polres Berlakukan Lintasan S, Ujian SIM Baru

Polres Berlakukan Lintasan S, Ujian SIM Baru

HABIBI/CE Kapolres resmi melaunching diberlakukannya Lintasan S sebagai materi ujian praktek SIM di Polres Rejang Lebong.--

REJANG LEBONG, CURUPEKSPRESS.COM  - Kepolisian Resor (Polres) Rejang Lebong, Senin (7/8) mulai memberlakukan jalur atau lintasan S untuk pemohon surat izin mengemudi (SIM).

Ini menjadi bagian perubahan uji materi SIM oleh Korp Lalu Lintas (Korlantas) dari yang sebelumnya jalur 8 menjadi jalur S.

Kapolres Rejang Lebong AKBP Juda T Tampubolon SH SIK MH didampingi Kasat Lantas,Iptu Melisa STr K mengatakan bahwa perubahan jalur uji materi SIM sebagai bentuk upaya Polres Rejang Lebong dalam memberikan kemudahan bagi pemohon SIM baru.

"Perubahan jalur uji SIM ini menjadi perintah langsung dari Kapolri melalui Korlantas Polri. Sebagai upaya memberi kemudahan bagi pemohon SIM baru," ujarnya.

BACA JUGA:

Menurut Kapolres, selama ini jalur uji SIM dengan membentuk angka 8 kerap dikeluhkan masyarakat karena sulit dilalui ditambah dengan jalannya yang sempit.

Namun dengan penerapan jalur yang baru ini ditambah jalannya yang cukup lebar membuat masyarakat bisa dengan mudah melalui nya.

"Makanya kami berharap dengan jalur baru ini, masyarakat bisa dengan mudah melaluinya dan penerbitan SIM juga segera diproses," sampainya.

Lanjut Kapolres, meskipun uji materi SIM mengalami perubahan dan semakin mudah namun ini tidak mengurangi standar yang diperlukan dalam berlalu lintas.

"Adapun perubahan dari jalur angka 8 menjadi huruf S, lebar dari 1,5 meter menjadi 2,5 meter. Kemudian panjang track sepanjang 20 meter termasuk di tahap uji terakhir akan ada jalur cabang dua, apakah kanan atau kiri yang boleh dilewati nanti petugas yang menentukan," ungkapnya.

Sementara itu Dandim 0409/Rejang Lebong, Letkol Inf M Renaldy Herbowo yang ikut mencoba jalur lintas baru dalam uji praktek pembuatan SIM, jika lintasan yang baru sangatlah mudah.

Sehingga pihaknya meyakini pemohon SIM juga bakal mudah melalui ujian praktek ini.

"Sangat mudah untuk dilalui. Kami yakin masyarakat juga dengan mudah melakukannya," pungkasnya. 

BACA JUGA:

Sumber: