Mitos atau Fakta Bahwa Makanan yang Jatuh Belum 5 Menit Boleh Dimakan

Mitos atau Fakta Bahwa Makanan yang Jatuh Belum 5 Menit Boleh Dimakan

ILUSTRASI/NET --

NASIONAL, CURUPEKSPRESS.COMSebagian dari kamu tentu tidak asing lagi dengan istilah “Belum lima menit” saat hendak mengambil makanan jatuh untuk dimakan.

Makanan yang jatuh ke lantai dan masih aman untuk dimakan jika diambil dalam waktu kurang dari 5 menit dikenal dengan istilah "5-second rule." Namun, ini sebenarnya lebih merupakan mitos daripada fakta ilmiah yang terbukti.

Keamanan makanan tidak hanya tergantung pada berapa lama makanan jatuh dan berapa lama waktu yang diperlukan untuk mengambilnya kembali, tetapi juga pada faktor-faktor lain seperti kebersihan lingkungan, jenis makanan, dan kemungkinan terkontaminasi oleh bakteri atau kuman lainnya.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan:

Kebersihan Lingkungan: 

Jika makanan jatuh di permukaan yang kotor atau tidak terlindungi, seperti lantai yang tidak bersih atau tempat umum yang terkontaminasi, ada risiko lebih tinggi bahwa makanan tersebut terkontaminasi oleh bakteri atau kuman.

BACA JUGA:

Jenis Makanan: 

Makanan basah atau yang rentan cepat rusak, seperti produk susu, daging mentah, atau makanan laut, lebih mungkin terkontaminasi jika jatuh dan harus lebih berhati-hati saat memutuskan apakah akan mengonsumsinya.

 

Kemungkinan Kontaminasi: 

Bahkan jika makanan jatuh selama beberapa detik, ada kemungkinan bakteri dan kuman dari permukaan tempat jatuhnya makanan akan berpindah ke makanan tersebut.

 

Untuk menghindari risiko kontaminasi dan penyakit yang mungkin timbul, sebaiknya tetapkan praktik aman berikut:

Sumber: