1000 Pendaki Ikuti Upacara HUT KemRI di Bukit Kaba, Pokdarwis: Total Pendaki 2.500 Orang.

1000 Pendaki Ikuti Upacara HUT KemRI di Bukit Kaba, Pokdarwis: Total Pendaki 2.500 Orang.

IST/CE Pada saat pengibaran Bendera Merah Putih di Puncak Bukit Kaba, Kamis kemarin.--

REJANG LEBONG, CURUPEKSPRESS.COM - Tercatat sebanyak 2.500an pendaki melakukan upacara bendera peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (KemRI) ke 78 tahun 2023 di puncak Bukit Kaba Kabupaten Rejang Lebong.

Dari total jumlah tersebut, sebanyak 1.000an pendaki merupakan pendaki yang berasal dari luar Kabupaten Rejang Lebong.

Demikian diungkapkan Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Sumber Urip Kecamatan Selupu Rejang, Yohan yang dikonfirmasi wartawan, Jumat (18/8) kemarin.

"Tahun ini Bukit Kaba kembali jadi lokasi pelaksanaan Upacara HUT KemRI ke 78 tahun, dimana pendaki yang mengikuti upacara tidak hanya dari Rejang Lebong saja melainkan sekitar 40 persennya pendaki yang berasal dari luar daerah," ungkapnya.

Dikatakannya, 1.000 lebih pendaki itu ada yang berasal dari kabupaten tetangga seperti Kepahiang, Lebong, Kota Bengkulu, bahkan terjauh ada yang dari Kota Palembang Provinsi Sumatera Selatan dan Jambi.

"Pendataan yang kami lakukan di pintu masuk Bukit Kaba, pendaki terjauh ada yang dari Palembang dan Jambi," bebernya.

Lebih jauh dirinya menjelaskan, ternyata total jumlah pendaki melebihi perkiraan pihaknya yang awalnya diperkirakan ada diangka 1.500an pendaki, namun ternyata mencapai 2.500an pendaki.

BACA JUGA:

"Kalau berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya itu diprediksi sekitar 1.500an pendaki/peserta, tapi nyatanya di HUT KemRI kali ini jauh lebih banyak," bebernya.

Yohan melanjutkan, untuk mencegah atau mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan pihaknya telah menggandeng Palang Merah Indonesia (PMI) dan Tim Basarnas untuk berjaga-jaga.

"Kita selalu libatkan PMI dan Basarnas dalam pelaksanaan upacara di Puncak Bukit Kaba," sampainya.

Adapun salah satu sekolah yang bertindak selaku petugas upacara bendera yaitu SMA Negeri 4 Rejang Lebong. Yang sebelumnya telah mengonfirmasi akan melaksanakan upacara di Puncak Bukit Kaba.

"Salah satu sekolah di Rejang Lebong yang jadi petugas dalam upacara kemarin," ucapnya.

Lanjut Yohan, bahkan pihak sekolah bersangkutan telah meminta yang betugas selaku pembina upacara dari Pokdarwis Desa Sumber Urip.

Sumber: