Apa Gunanya Dana Pensiun Dan Gimana Cara Mengumpulkannya

Apa Gunanya Dana Pensiun Dan Gimana Cara Mengumpulkannya

ILUSTRASI/NET --

EKBIS, CURUPEKSPRESS.COM - Dana pensiun memiliki tujuan penting dalam memberikan perlindungan keuangan di masa tua, saat seseorang tidak lagi bekerja atau memiliki sumber pendapatan tetap.

Dana pensiun bertujuan untuk memastikan bahwa Anda memiliki cukup uang untuk memenuhi kebutuhan hidup, seperti biaya hidup sehari-hari, perawatan kesehatan, dan rekreasi, setelah Anda pensiun dari pekerjaan aktif.

 

Ada beberapa cara untuk mengumpulkan dana pensiun:

 

Banyak perusahaan menawarkan program pensiun bagi karyawan mereka, seperti rencana pensiun berbasis kontribusi atau manfaat yang ditentukan.

Dalam rencana ini, Anda dan/atau pemberi kerja akan menginvestasikan sejumlah uang selama masa kerja, dan dana tersebut akan dikelola oleh perusahaan asuransi atau manajer dana untuk tumbuh seiring waktu.

 

Anda dapat mengumpulkan dana pensiun sendiri dengan cara menyisihkan sebagian pendapatan Anda dalam akun atau investasi tertentu.

Ini bisa berupa rekening tabungan pensiun (seperti Individual Retirement Account atau IRA di Amerika Serikat) atau investasi lain yang sesuai dengan tujuan pensiun Anda.

BACA JUGA:

 

Beberapa negara memiliki program pensiun yang disponsori oleh pemerintah, yang memberikan tunjangan pensiun kepada warga negara yang memenuhi syarat setelah mencapai usia pensiun tertentu.

 

Sumber: