Mengenal Apa Itu Niacinamide dalam Skincare dan Manfaatnya

Mengenal Apa Itu Niacinamide dalam Skincare dan Manfaatnya

ILUSTRASI/NET --

HEALTH, CURUPEKSPRESS.COM - Niacinamide menjadi salah satu bahan perawatan kulit atau skin care yang paling banyak dicari dan digunakan saat ini. Zat ini dipercaya mampu mengatasi jerawat, mengecilkan pori-pori wajah, hingga mengurangi garis halus dan kerutan di wajah.

Nicotinamide atau niacinamide adalah zat turunan dari niacin (vitamin B3). Meski namanya sekilas sama, niacinamide dan niacin memiliki struktur dan fungsi yang berbeda.

Pasalnya, niacinamide diproduksi ketika tubuh kelebihan asupan vitamin B3 atau asam amino triptofan.

Dalam dunia dermatologi, niacinamide adalah zat yang banyak dimanfaatkan untuk mengatasi kulit berjerawat dan bercak atau noda bekas jerawat,  serta membantu mengendalikan peradangan kulit akibat eksim dan acne rosacea. Zat ini bekerja dengan menghambat pelepasan zat kimia yang memicu peradangan di tubuh.

 

Manfaat Niacinamide untuk kulit :

 

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, niacinamide adalah zat yang memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan kulit, terutama wajah. Berikut adalah penjelesan Manfaat Niacinamide untuk kulit :

 

BACA JUGA:

 

1. Melembapkan Kulit Wajah

 

Manfaat niacinamide untuk wajah yang pertama adalah membantu menjaga kelembapan. Niacinamide diketahui dapat membantu membangun ceramide (lapisan penghambat lemak) sehingga bisa menjaga kulit tetap lembap.

Sumber: