Jangan Diremehkan Ini Sederet Bahaya Kesehatan Akibat Jarang Ganti Handuk dan Cara Menghindarinya

 Jangan Diremehkan Ini Sederet Bahaya Kesehatan Akibat Jarang Ganti Handuk dan Cara Menghindarinya

ILUSTRASI/NET--

HEALTH, CURUPEKSPRESS.COM - Menggunakan handuk yang jarang diganti atau tidak diganti secara rutin dapat mengakibatkan berbagai masalah kesehatan karena handuk dapat menjadi tempat berkembang biaknya bakteri, jamur, dan kuman.

Berikut beberapa bahaya kesehatan yang dapat timbul akibat jarang mengganti handuk:

 

Peningkatan Risiko Infeksi Kulit

Handuk yang lembab dan tidak kering menjadi tempat ideal bagi bakteri dan jamur untuk berkembang biak. Mengeringkan diri dengan handuk yang sudah terkontaminasi dapat menyebabkan infeksi kulit seperti jerawat, bisul, atau infeksi jamur.

 

Iritasi Kulit

Bakteri dan kuman yang terkumpul di handuk dapat menyebabkan iritasi kulit, gatal-gatal, atau reaksi alergi pada beberapa orang yang memiliki kulit sensitif.

 

Penyakit Mata dan Saluran Pernapasan

Jika handuk digunakan untuk mengeringkan wajah atau tangan dan terkontaminasi dengan kuman, mereka dapat dengan mudah menyebar ke mata atau masuk ke saluran pernapasan saat Anda mengelap wajah atau tangan.

 

Infeksi Menular

Bagi anggota keluarga atau pengunjung yang menggunakan handuk yang sama, ada risiko penyebaran infeksi seperti flu atau pilek jika salah satu orang dalam rumah tangga sedang sakit.

Sumber: