Kuota PPPK Guru Diperebutkan 1.789 Honorer

Kuota PPPK Guru Diperebutkan 1.789 Honorer

IST/CE Formasi Guru PPPK tahun 2023.--

REJANG LEBONG, CURUPEKPRESS.COM -  Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Rejang Lebong menginformasikan bahwa pada seleksi guru pegawai pemerintah dengan perjanjian Kerja (PPPK) tahun 2023 ini.

Ada sebanyak 1.789 orang guru status honorer di seluruh Sekolah PAUD, SD, SMP di Kabupaten Rejang Lebong yang akan memperebutkan kuota formasi PPPK guru tersebut. 

Kepala Dikbud Rejang Lebong,Rezza Pakhlevi SH MM mengungkapkan bahwa dengan dengan jumlah kuota guru PPPK yang diterima kabupaten Rejang Lebong saat ini hanya sebanyak 300 kuota tentu saja belum memenuhi kebutuhan guru saat ini. 

Apalagi pada tahun 2023 ada sebanyak 82 orang guru yang akan memasuki usia pensiun, dan disusul sebanyak 94 orang guru yang kembali akan pensiun pada tahun 2024 mendatang.

BACA JUGA:

"Kalau berbicara masalah kekurangan guru tentulah seluruh sekolah PAUD, SD, SMP di Kabupaten Rejang Lebong masih mengalami kekurangan guru, bahkan pada tahun 2023, sebanyak 82 orang, pada tahun 2024 ada 94 orang, Jumlah guru berstatus ASN ini terus berkurang dalam setiap tahunnya," ujar Rezza.

Dikatakan Rezza bahwa jumlah guru yang ada di Kabupaten Rejang Lebong mulai dari tingkat TK, SD dan SMP mencapai 3.668 orang, dengan rincian yakni guru berstatus ASN sebanyak 1.879 orang dan guru berstatus honorer sebanyak 1.789 orang dan sejak beberapa tahun terakhir Kabupaten Rejang Lebong tidak melakukan penerimaan seleksi CPNS formasi guru sehingga memperbanyak kekurangan guru yang berstatus PNS tersebut.

"Yang pastinya data kekurangan guru tersebut selalu kami sampaikan, dan semoga kedepannya melalui program PPPK maupun CPNS tahun 2023/2024, masalah kekurangan guru tersebut bisa diatasi," pungkasnya. 

BACA JUGA:

Sumber: