Tiktok Shop Ditutup? Ini Dia Faktanya

Tiktok Shop Ditutup? Ini Dia Faktanya

ILUSTRASI/NET TikTok Affiliate --

NASIONAL, CURUPEKSPRESS.COM – Siapa tak mengenal aplikasi TikTok, aplikasi yang cukup populer di kalangan masyarakat saat ini. Tidak hanya sebagai media sosial tapi bisa juga menjadi marketplace atau tempat untuk berbisnis.

 

Melalui fitur belanja online atau yang disebut TikTok Shop, anda dapat berbelanja tanpa perlu bepergian dari rumah, cukup menggunakan ponsel semua keperluan yang diinginkan bisa dibeli.

 

Sebagai media sosial dengan pengguna terbanyak, tentu menjadi peluang besar bagi siapa saja yang menggunakannya untuk mempromosikan atau memperjualbelikan dagangan di TikTok Shop.

 

TikTok Shop sendiri telah resmi dirilis oleh TikTok Indonesia pada tanggal 17 April 2021. Tapi sayangnya menginjak 2 tahun diresmikan, Tiktok shop akan ditutup oleh pemerintah. Berikut Alasannya:

BACA JUGA:

 

1. Merugikan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Lokal

Pesatnya perkembangan e-commerce satu ini dianggap menjadi alasan ruginya para UMKM lokal.

Sehingga pemerintah mengambil langkah melalui revisi Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 50 tahun 2020 tentang Ketentuan Perizinan Usaha, Periklanan, Pembinaan, dan Pengawasan Pelaku Usaha dalam Perdagangan melalui Sistem Elektronik.

 

Dimana pemerintah akan melarang adanya social e-commerce dan ingin fungsi dari media social dan e-commerce dipisahkan. Setelah rapat bersama Presiden bapak Jokowi pada Senin 25 September 2023 di Istana Presiden Jakarta.

Bapak Zulhas mengatakan "social e-commerce hanya untuk memfasilitasi promosi produk, tidak boleh adanya transaksi.

Jadi semacam Platform digital."

 

2. Demi melindungi UMKM

Revisi yang akan dilaksanakan oleh pemerintah, bertujuan untuk melindungi UMKM. Ekonomi digital cukup mempengaruhi namun tidak memiliki landasan atau pegangan hukum yang jelas.

Ketertarikan masyarakat membuat pusat grosir sepi, berdasarkan laporan Populix "The Social Commerce Landscape in Indonesia" Tiktok shop menjadi media sosial yang digunakan untuk berbelanja online dengan jumlah nya sebesar 45%.

Hal ini juga dapat berpengaruh di pasar tanah abang, karena di tiktokshop terdapat banyak produk luar yang di gandrungi oleh pengguna Tiktok.

Sedangkan di pasar tanah abang tentunya produk grosir lokal yang diperjualbelikan.

Pemerintah juga akan membatasi penjualan produk impor di e-commerce diperbolehkan hanya sebesar diatas 100 US Dolar. Hal ini berlaku juga untuk produk dari hasil perdagangan “cross border”. Dan untuk pedagang dalam negeri yang akan menjual produk impor dikatakan tidak kenakan batasan.

Pedagang dari Tiktok Shop dihimbau untuk pindah ke platfrom e commerce. Beberapa pihak merasa senang akan Langkah yang dilakukan pemerintah karna turunnya minat serta omset terjadi per tanggal 30 Agustus 2023.

Dan diharapkan dapat membaik setelah hal ini diterapkan. Pemerintah akan memberi waktu untuk para pedagang mulai dapat berhenti dari tiktok shop.

Dilain pihak menyebutkan sebenarnya tiktokshop cukup membantu daripada berjualan offline. Dikarenakan dapat menjangkau konsumen lebih luas.

BACA JUGA:

3.Tiktok shop tidak memiliki sistem pembayaran dan jasa logistik sendiri

Pada Tiktok shop tidak didukung oleh kepemilikan sendiri dimana tanpa adanya sistem pembayaran dan logistik khusus seperti shopee yang memiliki Shopee Pay dan Shopee Ekspress. Untuk pembayaran tiktok shop hanya mengandalkan beberapa metode pembayaran seperti:

Kartu Kredit, Kartu debit, Transfer Bank, Dompet digital dan secara tunai atau Cash On Delivery (COD)

Metode pembayaran Transfer Bank dapat digunakan dari Bank Indonesia: BRI, BNI, BCA, dan Mandiri

Untuk dompet digital dapat digunakan dari Dana, Shopee pay, OVO dan Gopay.

Selain Cash On Delivery ada kemudahan lain untuk pembayaran dapat via Indomaret dan Alfamart, yang nantinya dari tiktok shop akan memberikan kode pembayaran.

Untuk pengantaran tiap produk pesanan, tiktok bermitra dengan logistik di Indonesia. Layanan yang digunakan seperti Jasa J&T, JNE, Ninja , dan Sicepat

 

4.Tiktok diduga melakukan aksi curang pada algoritma

Tiktokshop sebagai platform hanya dapat berpihak pada sosok besar atau kata lain terkenal di Indonesia seperti para selebritas. Pedagang merasa setelah mencoba live selling selama berbulan-bulan.

Hasil yang diharapkan tidak sesuai. Sedangkan untuk sosok besar dapat mendapatkan hasil yang lumayan tinggi.

Hal ini. Algoritma tiktok merupakan sistem yang didesain untuk menampilkan kontem kepada pengguna berdasarkan ketertarikannya. Di dalam tiktok istilah FYP (For You Page) adalah conto algoritma tiktok dimana FYP pengguna satu dengan yang lainnya akan berbeda sesuai dengan minat si pengguna.

Sumber: