Keunikan Museum Adityawarman jadi Wisata Andalan di Padang

Keunikan Museum Adityawarman jadi Wisata Andalan di Padang

Screenshot Ig Museum_ Adityawarman--

NASIONAL, CURUPEKSPRESS.COM - Jika anda berkunjung ke Provinsi Padang Provinsi Sumatera Barat. Anda jangan sampai tidak mengunjungi objek wisata yang satu ini. Yakni objek wisata Museum Adityawarman.

Pasalnya pada Museum Adityawarman yang satu ini, sangat banyak sejarah peninggalan dahulu yang dipajang dan tercatat dari peristiwa di Sumatera Barat.

Sesuai dengan komitmen dari pemerintah Kota Padang Sumatera Barat, Museum Adityawarman dibuat bertujuan untuk melestarikan sejarah baik dari benda, cagar budaya. Serta cerita-cerita yang menjadikan cerita tersebut tetap utuh dan dapat diterima oleh masyarakat.

Keunikan Museum Adityawarman ini sendiri, jika dibandingkan museum-museum lainnya di Indonesia karena bangunannya berbentuk rumah adat minang yang menjadi ciri khas dari Sumatera Barat.

BACA JUGA: Menyaksikan Keindahan Objek Wisata Air Terjun Lubuk Hitam Sumatera Barat (Padang)

Bangunan Museum Adityawarman dibuat dari kayu yang dirangkai menjadi rumah.

Ditambah dengan keunikan kedua, jika terdapat dua orang pria dan wanita menggunakan pakaian adat minang yang menunjukkan dan  melambangkan masyarakat minang yang sangat ramah dan tamah terhadap tamu yang datang.

Adapun Museum Adityawarman dengan luas 2 hektar dan memiliki lebih dari 6000 koleksi benda bersejarah yang dapat menceritakan sejarah masa lalu masyarakat minang.

Koleksi ini dibagi menjadi beberapa kelompok yaitu etnografi, biologi, arkeologi, fisiologi, seni rupa, geologi, numismatik, historika, dan teknologi yang mana kesepuluh kelompok tersebut juga memiliki ruang sendiri-sendiri di dalam museum tersebut.

Dengan disesuaikan dengan sejarah dari masing-masing barang bersejarah tersebut.

Serta kebanyakan dari koleksi Museum Adityawarman, peninggalan dari kerajaan dharmasraya yang berada di sumatera dan notabene merupakan kerajaan melayu.

Kerajaan ini dapat dibilang terkenal saat melemahnya kerajaan Sriwijaya pada abad ke 7, peninggalan yang terkenal adalah patung bhairawa dan patung amoghapasa.

Termasuk juga pada Museum Adityawarman kedua patung tersebut menjadi koleksi dari museum adityawarman dalam bentuk duplikasi.

Dengan bentuk yang sangat besar yaitu berukuran 4,41 meter dan berat kurang lebih 4 ton, patung ini menjadi salah satu spot foto paling terkenal di area tersebut dikarenakan keunikannya yang memiliki ukuran besar dan berada pada poin utama di museum tersebut.

Sumber: