3 Faktor yang Membuat Seseorang Nekat Jadi Begal

3 Faktor yang Membuat Seseorang Nekat Jadi Begal

IST/CE Screenshot video penangkapan begal di Jalan Lintas Curup-Lubuklinggau.--

CURUPEKSPRESS.COM - Begal adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan tindakan kejahatan jalanan.

Para pelaku begal identiknya dalam menjalankan aksinya menggunakan kekerasan atau ancaman guna merampas barang berharga.

 

Barang berharga yang masuk, seperti ponsel, tas, atau uang maupun kendaraan korban. Bahkan dalam tindakan begal ini seringkali terlibat senjata atau kekerasan fisik terhadap korban, dan begal adalah kejahatan yang berbahaya dan ilegal yang menjadi fokus penegakan hukum untuk mencegah dan menindaknya.

 

Lalu pertanyaannya, apa saja faktor yang menyebabkan seseorang menjadi begal atau pelaku kejahatan. Dibawah ini sedikit kami memberikan beberapa penyebab seseorang nekat menjadi begal. 

BACA JUGA:Polisi Tingkatkan Patroli Hingga ke Pedesaan Antisipasi Begal

 

1. Kendala Ekonomi

 

Kesulitan ekonomi kerap kali menjadi salah satu alasan mendorong pelaku kejahatan untuk melancarkan aksinya termasuk pelaku begal.

Dengan menjadi begal, mereka dapat mendapatkan uang dengan cepat tanpa menunggu gaji mingguan maupun bulanan jika mereka bekerja. 

 

Seperti halnya, beberapa kasus begal yang diungkap oleh Polres Rejang Lebong dan Polsek jajaran. Dimana alasan utama mereka nekat menjadi pelaku begal, karena terdesak ekonomi.

Sumber: