Keindahan Kebun Bunga Tien Soeharto Dikelilingi Perkebunan Kopi

Keindahan Kebun Bunga Tien Soeharto Dikelilingi Perkebunan Kopi

Aziz. Terbentang luas ratusan hektar lahan perkebunan kopi yang mengelilingi kebun bunga Tien Soeharto--

NASIONAL, CURUPESKPRESS.COM - Keindahan kebun bunga Tien Soeharto atau ibu Tien di Mangkurajo, dahulunya dikelilingi oleh perkebunan kopi. Sehingga menambah indah pemandangan kebun bunga kala itu.

Kurang lebih 600 hektar terbentang perkebunan kopi yang mengelilingi kebun bunga Tien Soeharto.

Adapun perkebunan itu sendiri bagian dari PT Way Sebayur, dengan anak cabangnya PT Mangkurajo yang lebih dahulu berdiri di lokasi tersebut.

Namun sayangnya perkebunan kopi ini bernasib serupa dengan kebun bunga Tien Soeharto. Pasalnya saat ini hanya tinggal bekas saja, dan menjadi lahan yang terbengkalai, dan tanpa pengelolaan.

Perkebunan ini sendiri bagian yang tidak terpisahkan dengan kebun bunga Tien Soeharto, karena berada dalam satu kawasan yang terbentang indah.

Tidak bisa dipungkiri jika luasnya perkebunan itu, pasalnya kebun bunga Tien Soeharto saja terbentang hingga 4 hektar. Dengan jumlah keseluruhan lahan saat itu diperkirakan tokoh masyarakat setempat hingga 1500 hektar.

BACA JUGA:

Saat itu penuturan warga perkebunan kopi ini juga menunjang kesejahteraan masyarakat sekitar, lantaran membuka lapangan pekerjaan. Adapun kopi Arabika yang menjadi kopi unggulan saat itu dikembangkan di lokasi tersebut.

Saat ini lahan perkebunan yang mengelilingi kebun bunga Tien Soeharto tersebut, sebagian terlihat ditanami dengan tanaman palawija oleh masyarakat.

Dengan hilangnya kebun bunga Tien Soeharto atau ibu Tien dan perkebunan kopi ini sangat menjadi kerugian untuk masyarakat setempat. Selain kehilangan mata pencaharian juga, kehilangan pemandangan indah di lokasi tersebut, yang kerap mereka saksikan saat sore hari. 

Sumber: