Kerap dianggap Perusak Tanaman, Benalu Memiliki Banyak Manfaat yang Jarang Orang Ketahui!

Kerap dianggap Perusak Tanaman, Benalu Memiliki Banyak Manfaat yang Jarang Orang Ketahui!

BENALU-ILUSTRASI /NET-

HEALTH,CURUPEKSPRESS.COM - Indonesia kaya akan jenis tumbuhan yang hidup subur. Setiap tumbuhan yang tumbuh diyakini memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh.

Bahkan tanaman yang di sepelekan yang dianggap hama pun memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Salah satunya benalu, Bendalu, menalu ataupun mendalu. 

Masyarakat Bengkulu biasa menyebutnya Kayu Singgah. Biasanya tumbuhan benalu banyak ditemui di kawasan tropis.

Hampir semua tanaman perkebunan dapat menjadi tempat hidup tumbuhan parasit.

Namun siapa sangka ternyata tumbuhan yang paling dibenci petani itu rupanya memiliki banyak manfaat. Konon, kayu singgah yang bagus itu tumbuh di batang jeruk nipis, dipercaya memiliki khasiat besar bagi kesehatan. Salah satunya dipercaya bisa membatu mengobati kangker. 

Berikut khasiat dari dari benalu atau Kayu Singgah untuk kesehatan:

1. Membantu mengobati kanker

Kanker merupakan salah satu dari penyakit yang dapat merusak tubuh. Benalu dapat dijadikan sebagai obat alami karena kandungan flavonoid yang dapat membantu untuk mengobati kanker. cara meramu benalu menjadi obat kanker yakni memetik benalu lengkap dengan buah dan batang. Kemudian dicuci, dijemur tanpa langsung di bawah matarahari agar tidak merusak zat hijau daun. kKemudian, daun-daun diremas, direbut dan diminum.

BACA JUGA:

2. mengobati hepatitis.

Benalu memiliki sifat antivirus dan anti bakteri dipercaya mampu mengatasi gejala hepatitis pada organ hati, hepatitis yang diakibatkan oleh virus biasanya akan membuat kondisi penderita menjadi lelah bahkan dapat menghilangkan nyawa. Oleh sebab itu penyakit ini harus segera diatasi agar tidak semakin memperburuk keadaan penderita penyakit hepatitis.

3. Membunuh Sel Tumor

Tumor adalah benjolan yang muncul akibat sel-sel tubuh tumbuh secara berlebihan. Kondisi ini terjadi ketika sel lama yang seharusnya mati masih terus bertahan hidup, sementara pembentukan sel-sel baru terus terjadi. Di dalam daun benalu, terkandung unsur yang bisa mencegah mengembangnya sel tumor. Kandungan di dalam daun benalu tersebut dapat membunuh sel-sel tumor yang bisa berubah menjadi kanker ganas. 

BACA JUGA:

4. Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan darah bisa menjadi sumber awal berbagai penyakit berbahaya yang lain. Penyakit seperti stroke atau penyakit jantung bisa bersumber dari tingginya tekanan darah. Atasi tekanan darah tinggi dengan mengkonsumsi daun benalu. 

5. Mengobati Radang Sendi

Radang pada sendi tidak mengenal usia, terjadi pada orang yang sudah berusia lanjut. Namun tidak jarang mereka yang masih muda pun bisa mengalami penyakit radang sendi atau juga yang disebut dengan istilah arthritis. Penelitian menyebutkan jika kandungan di dalam manfaat daun benalu bisa membantu menyembuhkan peradangan yang terjadi pada sendi. 

BACA JUGA:

6. Melancarkan Peredaran Darah

Daun benalu sendiri mengandung beberapa zat yang bisa membantu tubuh untuk memperlancar peredaran darah ke seluruh bagianb tubuh kita.

Ini karena di dalam darah akan terdapat nutrisi-nutrisi dan gizi dari makanan yang kita makan untuk dibagikan ke seluruh bagian tubuh. Selain itu, peredaran darah yang mengalami gangguan bisa menyebabkan tubuh kekurangan manfaat oksigen dan bisa mengundang penyakit lainnya. 

Itulah tadi manfaat dari benalu, jika kamu menemukan benalu di ladang atau perkarangan rumah jangan di buang karena, memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh. semoga bermanfaat!

Sumber: